Laporkan Masalah

Preferensi Opini Publik dalam Media Online (Preferensi Opini Publik terhadap Citra Ahok dalam Lipsus Kompas.com tentang Penertiban PKL Pasar Tanah Abang Bulan Juli 2013)

Ni Luh Ratih Maha Rani, Prof. Dr. Nunung Prajarto, M.A.

2014 | Tesis | S2 Ilmu Politik/Ilmu Komunikasi

Opini publik merupakan akumulasi dari citra yang tercipta atau diciptakan dalam proses komunikasi. Kompas.com memiliki rubrik khusus untuk mengulas liputan yang berkaitan dengan aktivitas Basuki atau Ahok sebagai Wakil Gubernur DKI, salah satunya adalah peneriban PKL Pasar Tanah Abang. Opini yang tercermin dalam komentar pembaca berita itulah yang menjadi objek dalam penelitian ini, tujuannya adalah untuk melihat kecenderungan opini publik terhadap citra Ahok dalam Kompas.com. Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi opini publik terhadap citra Ahok dalam kaitannya dengan penertiban PKL Pasar Tanah Abang adalah positif atau mendukung terhadap sosok Ahok (Basuki). Mayoritas pembaca menilai bahwa Ahok merupakan orang yang tegas dan taat terhadap peraturan perundangan. Meskipun kadang ungkapan dan sikapnya mengundang terkesan kontroversi dan keras, namun sosoknya tetap dinilai sebagai pemimpin yang didambakan masyarakat untuk membawa perubahan bagi Jakarta. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi opini publik terhadap citra Ahok terkait dengan penertiban PKL Pasar Tanah Abang antara lain adalah: (1) Faktor psikologis yang berbeda juga mengakibatkan hasil interpretasi dan respon publik terhadap pemberitaan akan berbeda. (2) Faktor sosiologis politik juga tampak mempengaruhi publik yang berkomentar. Apalagi jika hal tersebut berkaitan dengan nilai fanatisme tertentu. (3) Unsur budaya seperti kepercayaan termasuk juga nilai dan sikap, organisasi sosial, tabiat manusia, orientasi kegiatan, serta persepsi orang lain. (4) Institusi media juga mempengaruhi terbentuknya opini publik terhadap citra Ahok ini. Tercermin Kompas.com secara tersurat memnggambarkan bentuk keberpihakannya pada Ahok di dalam setiap pemberitaannya. Kata kunci: citra, opini publik, media online

Public opinion is an accumulation of the image that is created or invented in the communication process. Kompas.com has a special section for reviewing the media’s coverage related to Basuki or Ahok’s activity as Vice Governor of Jakarta, including the controlling of Tanah Abang market vendors. The object of this research is the opinion reflected from news reader's comments, with the purpose to see the trend of public opinion towardAhok’s image portrayed by Kompas.com. The results showed that the preferences of public opinion towardAhok’s image in relation to the policing towards street vendors Tanah Abang Market is positive, or supportive to his figure. The majority of readers considered that Ahok is a person who firmly adheres to the rules and regulations. Although occasionally his direct expressions invite controversy, he is still considered a desirable leader to bring change for Jakarta. There are several factors that influence public opinion towardAhok’s image associated with the control of Tanah Abang Market vendors, including: (1) psychological factorthat leads to different interpretationsand responses to the news; (2) political and sociological factors influence the public comments, especially if it is related to the value of certain fanaticism; (3) cultural elements such as beliefs, values and attitudes, social organization, human nature, orientation activities, perception of others; and (4) media institutions that influence the format of public opinion toward Ahok’s image, in this case how Kompas.com implicitly express their alignment with Ahok through their news. Keywords: image, public opinion, online media

Kata Kunci : citra, opini publik, media online


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.