ANALISIS RESOURCE BASED VIEW (RBV) PADA MIROTA BATIK (HAMZAH BATIK) PUSAT BATIK DAN KERAJINAN, YOGYAKARTA
Citra Dewi Mariana, Ertambang Nahartyo, M.Sc., Ph.D., CMA.
2014 | Tesis | S2 Magister ManajemenPerusahaan memiliki sejumlah sumber daya yang unik, inilah yang membedakan perusahaan satu dengan perusahaan lainnya. Perusahaan yang memiliki serta menggunakan sumber daya dan kapabilitasnya secara efisien memiliki peluang yang lebih besar untuk beroperasi secara ekonomis dan lebih baik dalam memuaskan pelanggan. Dengan demikian, untuk dapat mempertahankan kinerja perusahaan yang unggul dalam suatu industri, maka sebuah perusahaan harus dilindungi oleh faktor-faktor yang mampu membuatnya sulit untuk ditiru oleh pesaing. Resource Based View muncul untuk mempelajari faktor-faktor tersebut, dan mendasarkan pemikirannya pada pandangan bahwa setiap perusahaan pada dasarnya memiliki perbedaan yang fundamental karena memiliki sekumpulan resources yang unik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lingkungan internal Mirota Batik (Hamzah Batik) Pusat Batik dan Kerajinan Yogyakarta melalui pendekatan resource based view dengan mengetahui sumber daya dan kapabilitas yang membedakan mereka dengan pesaingnya melalui analisis rantai nilai (value-chain analysis) dan dalam upaya mencapai sustainable competitive advantage menggunakan analisis VRIO (Valuable, Rarity, Imitability, Organization) Framework. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber daya dan kapabilitas Mirota Batik bersifat parity competitive, temporary competitive advantage, dan sustained competitive advantage.
The company has a number of unique resources, this is what distinguishes a company with other companies. Companies that have and use resources and capability efficiently have a greater opportunity to operate economically and better satisfy customers. Thus, to be able to maintain superior performance of companies in an industry, then a company should be protected by the factors that could make it difficult to imitate by competitors. Resource Based View appeared to study these factors, and basing his thinking on the view that any company basically has a fundamental difference because it has a unique set of resources. This study aims to analyze the internal environment of Mirota Batik (Hamzah Batik) Centre of Batik and Handicraft Yogyakarta through the resource based view approach to determine the resources and capabilities that set them apart from its competitors through the analysis of the value chain (value-chain analysis) and in order to achieve sustainable competitive advantage using the VRIO ( Valuable, Rarity, Imitability, Organization) Framework. The results showed that the resources and capabilities Mirota Batik is competitive parity, temporary competitive advantage, and sustained competitive advantage.
Kata Kunci : Resource Based View, Value-Chain Analysis, VRIO Framework