Laporkan Masalah

PENGARUH ORIENTASI PELANGGAN PADA PERBAIKAN KINERJA LOGISTIK PELANGGAN PT LOGISTIC ONE SOLUTION

Bambang Hari Setyono, Bayu Sutikno., Ph.D.

2014 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Semakin banyak perusahaan di Indonesia yang melakukan alih daya untuk kebutuhan logistik bisnisnya. Bisnis freight forwarding adalah salah satu usaha yang menyediakan bermacam-macam fungsi dan fasilitas untuk kegiatan logistik. Adanya bisnis freight forwarding sangatlah membantu para penjual dan pembeli demi mencapai dua tujuan sekaligus yaitu kepuasan pelanggan (pengiriman produk pada waktu dan tempat yang tepat) serta penghematan biaya (menghindari aktivitas dan biaya yang tidak perlu untuk menangani sendiri urusan kargo dan dokumen). Kondisi ini diperkuat dengan semakin berkembangnya kegiatan ekspor impor dalam suatu negara, maka bisnis freight forwarding juga mengalami perkembangan yang luar biasa. Atas dasar tersebut, maka PT. Logistic One Solution harus menentukan strategi apa yang paling tepat bagi perusahaannya agar dapat bersaing dengan perusahaan freight forwarding lain. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara keberagaman jasa yang ditawarkan, ketepatan waktu pelayanan, perbaikan pelayanan secara secara terus menerus dan ketersediaan informasi yang dimiliki PT. Logistic One Solution pada perbaikan kinerja logistik pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode explanatory research melalui pengujian hipotesis dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna jasa logistik PT Logistik One Solution sejumlah 62 perusahaan. Sementara itu, jumlah data yang terkumpul dan dapat dianalisis lebih lanjut dalam penelitian ini adalah data dari 53 responden. Data hasil penyebaran kuesioner tersebut kemudian dikumpulkan dan dianalisis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberagaman jasa, ketersediaan informasi, dan perbaikan secara terus menerus berpengaruh signifikan positif pada peningkatan kinerja logistik pelanggan. Artinya, semakin banyak variasi jenis jasa yang ditawarkan, semakin baik perusahaan menyampaikan informasi kepada pelanggan, dan semakin konsisten perusahaan melakukan perbaikan maka akan semakin tinggi peningkatan kinerja logistik pelanggan. Sedangkan ketepatan waktu terbukti tidak memiliki pengaruh signifikan pada peningkatan kinerja logistik pelanggan.

More and more companies in Indonesia conduct logistics outsourcing business. Freight forwarding business is a business that provides a variety of functions and facilities for logistics activities. The existence of freight forwarding business is helping buyers and sellers to achieve two goals at once namely customer satisfaction (product delivery on conditions, time and place) as well as cost savings (avoid activities and costs that are not necessary to handle its own affairs of cargo and documents). Conditions are worsened with the growing import-export activities in a country, then the freight forwarding business is also experiencing tremendous growth. On this basis, then PT. Logistic One Solution should determine what is the most appropriate strategy for the company in order to compete with other freight forwarding companies. The purpose of this study was to examine the relationship between the diversity of services offered, the timeliness of service, continuous service improvement and availability of information owned by PT. Logistic One Solution in customer logistics performance improvement. This study uses explanatory research by testing the hypothesis with quantitative approach. The sample in this research is consumers of PT. Logistic One Solution namely 62 companies. Meanwhile, the amount of data collected and can be analyzed further in this study is data from 53 respondents. Dissemination of data results are then collected and analyzed. Analysis of the data in this study used multiple regression analysis with SPSS. These results indicate that the diversity of services, information availability and continuous improvement have positive significant effect on improving the performance of customer logistics. This means that the more variety of types of services offered, the better the company delivers information to customers and the more company consistently makes improvements, the higher the customer's logistics performance improvement. While timeliness of service is shown to have no significant effect on improving the performance of customer logistics..

Kata Kunci : Manajemen Logistik, Freight Forwarding


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.