Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI PT MANULIFE ASET MANAJEMEN INDONESIA DALAM INDUSTRI REKSA DANA DI INDONESIA

Astrid Roselina, Prof. Dr. Bambang Riyanto L.S., M.B.A., CMA.

2014 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Penelitian yang berjudul Analisis Strategi PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) dalam Industri Reksa Dana di Indonesia ini mempunyai tiga tujuan, yang pertama, mengetahui faktor-faktor yang menghambat peningkatan total dana kelolaan reksa dana. Yang kedua, menganalisis strategi yang dimiliki oleh MAMI saat ini dalam menghadapi persaingan dan yang ketiga adalah mengidentifikasi strategi yang perlu dilakukan oleh MAMI untuk meningkatkan posisinya sebagai market leader di industri reksa dana di Indonesia. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan masukan bagi manajemen MAMI guna menyusun rencana strategis ke depannya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer berupa data hasil observasi dan wawancara dengan pihak dewan direksi dan senior manajemen MAMI yang mencakup kondisi lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Sedangkan untuk data sekunder berupa data publikasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Infovesta dan berbagai data analisa reksa dana dari berbagai media online maupun cetak. Data tersebut diolah dengan cara analisis karakteristik industri, analisis five forces, key success factors, analisa SWOT dan strategi bersaing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi untuk meningkatkan total dana kelolaan reksa dana yang telah dilaksanakan oleh MAMI sejalan dengan pilihan strategi penulis. Namun MAMI diharapkan dapat mengembangkan inovasi dalam cara pemasaran dan penjualan serta peningkatan kapabilitas sumber daya manusia yang juga menentukan kemampuan MAMI dalam mengelola reksa dana. Kata-kata kunci:

This research, entitled Analysis of Strategies PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) in the mutual fund industry in Indonesia, has three objectives, first, to identify the factors that inhibit MAMI mutual fund’s increase in total asset under management. Second, to analyze the strategies that already applied by MAMI to win the competition and the third is to identify the fittest strategies to raise its position as the market leader in the Indonesia’s mutual fund industry. The research results are expected to give an overview and an useful inputs to MAMI’s management to develop a strategic plan for the future. The data used in this research are primary and secondary data. Primary datas are coming from observation activity and numerous interviews with the board of directors and senior management of MAMI which covered internal and external environment of the company. As for the secondary, the author use public data available from Financial Service Authority (OJK), Infovesta and various news related to mutual fund from online and printed media. Those datas are processed with industry characteristic analysis, five forces analysis, key success factors, SWOT analysis and competitive strategy. The research’s result show that MAMI’s strategy to increase their mutual fund’s asset under management already in line with the author. However, author is expect MAMI to develop new ways in marketing and sales activities as well as increasing the human resource capabilities which determine MAMI’s ability to manage the mutual funds.

Kata Kunci : analisis karakteristik industri, five forces, key success factors, analisis SWOT, strategi bersaing


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.