Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI KEBERLANGSUNGAN BISNIS PT OFFBEATMUSIC INDONESIA

Andhyka Andrian, Drs. Saefuddien Hasan, MBA.

2014 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi bisnis dan pencarian produk/jasa alternatif yang mungkin dapat dikembangkan oleh PT. Offbeat Music Indonesia dengan mengaitkan dengan kondisi industri musik Indonesia terkini. Lingkup penelitian adalah studi kasus yang bersifat kualitatif pada PT. Offbeat Music Indonesia. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara narasumber, dokumentasi dan observasi. Data primer diperoleh dari jurnal industri musik yang diterbitkan oleh para ahli, majalah, dan website. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan dua jenis analisis yaitu analisis lingkungan eksternal yang akan memberikan gambaran mengenai peta persaingan industri musik Indonesia dan analisis internal terkait dengan analisis kekuatan sumberdaya dan kemampuan perusahan dengan menggunakan alat analisis resource-based view. Adapun alat analisis eksternal yang digunakan adalah five competitive forces, analisis driving forces, analisis key success factor, dan analisis PEST (Politik, Ekonomi, Sosial, dan Teknologi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bisnis yang digunakan PT. Offbeat Music Indonesia berfokus pada pertunjukan offair bukan pada penjulan album rekaman fisik seperti yang dilakukan major label. Dengan pengalaman dan kompetensi dari label, PT. Offbeat Music Indonesia memiliki kesempatan untuk memperluas lini bisnis dengan melakukan backward dan forward integration.

The purpose of this research is to evaluate the business strategy and find the alternative product/service that still might be developed by PT. Offbeat Music Indonesia with the current condition of the music industry. The scope of this research is qualitative case study in PT. Offbeat Music Indonesia. The data used in this research is Primary and Secondary data. The Primary data is obtained by interviewing the resources, documentation, and observation. Primary data is also obtained from the music industry journal which published by the magazine expert and website. In this research, the researcher did two types of analysis, External analysis which will describe the competitiveness of Indonesia music industry and Internal analysis which linked by the analysis resources and the company’s ability of using resources-based view analytical tool. The analysis external’s tools used are five competitive forces, driving forces analysis, key success factor analysis, and PEST (Politic, Economy, Social, and Technology) analysis. The summary of this research shows that the business strategy used by PT. Offbeat Music Indonesia is focused with the off-air show, not in the physical album selling like the major label does. with experience and competency from PT. Offbeat Music Indonesia has a chance to broaden their business by doing the backward dan forward integration.

Kata Kunci : Analisis five competitive forces, analisis driving forces, analisis key success factor, dan analisis PEST (Politik, Ekonomi, Sosial, dan Teknologi), analisis resource-based view


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.