ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN PADA KEPUASAN PENGGUNA SISTEM PENGADAAN SECARA ELEKTRONIK DALAM PENGADAAN BARANG/JASA DI SEKTOR PEMERINTAH
Ajeng Widi Hapsari, Dr. Ike Janita Dewi, MBA.
2014 | Tesis | S2 Magister ManajemenPengadaan barang/jasa pemerintah saat ini menghadapi masalah besar berkaitan dengan antara lain: Pasar pengadaan yang tidak terbuka (terfragmen, hanya sebagian kecil pelaku usaha yang mendapat akses pada pasar pengadaan, arisan tender sampai pada dominasi pelaku usaha atau kelompok usaha pada pasar pengadaan dan premanisme); Kurangnya kapasitas manajemen pengadaan oleh instansi pemerintah dari aspek pengorganisasian maupun jumlah dan kompetensi personelnya; dan Bad governance (tidak transparan dan tidak akuntabel, penyalagunaan wewenang untuk kepentingan tertentu sampai tindak pidana korupsi) Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, eprocurement dapat menjadi solusi strategis sebagai salah satu alat (tools) untuk melengkapi pengelola pengadaan bekerja lebih mudah. Melalui Direktorat E Procurement, LKPP mengembangkan Sistem Pengadaan Secara Elektronik dengan tujuan agar pengadaan barang dan jasa menjadi lebih efektif dan efisien, serta dapat menghemat dana APBN dan APBD. LKPP melalui Direktorat E procurement terus berupaya untuk mendorong pembentukan-pembentukan Layanan Pengadaan Secara Elektronik di setiap Kementrian/Lembaga baik di Pusat maupun daerah dengan cara mensosialisasikan Sistem Pengadaan Secara Elektronik. Panitia Lelang dan Penyedia Barang/Jasa adalah pengguna SPSE yang menggunakan sistem tersebut untuk melakukan proses pengadaan yang di fasilitasi oleh LPSE di masing-masing lembaga pemerintah. Berdasarkan latar belakang diatas, maka perumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh antara kualitas layanan dengan Kepuasan Pengguna Sistem. Setelah dianalisis maka diperoleh hasil terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap pengguna sistem pengadaan secara elektronik sebesar 0,488. Dengan demikian, strategi LKPP adalah meningkatkan kualitas layanan LPSE dengan cara membuat suatu standar pelayanan yang dapat diterapkan di instansi pusat maupun daerah
Government Procurement of goods / services is currently facing a major problem associated with, among others: that no open procurement markets (only small actors who have access to the procurement market, the dominance of social gathering until tender actors or group effort in procurement markets and premanisme ) Lack of management capacity procurement by government agencies in terms of organization and number of its personnel and competence, and Bad governance (not transparent and accountable, misuse of authority for the criminal acts of particular interest until corruption). In line with the development of information and communication technology, e-procurement can be a strategic solution as one of the tools (tools) to complete the procurement managers work more easily. Through E Procurement Directorate, National Public Procurement Agency developed with the aim of procuring goods and services become more effective and efficient, and can save you funds and regional budgets. Audited by Directorate E procurement continues to strive to encourage the formation-formation of Electronic Procurement in each Ministry / Institutions at both national and local levels by disseminating Electronic Procurement System. Auction organizers and providers of goods / services is SPSE users who use the system to conduct the procurement process which was facilitated by LPSE in each government agency. Based on the above, the formulation of the research problem is whether there is influence between the quality of service with the User Satisfaction System. Having analyzed the obtained results are the effect of the quality of service to users of the electronic procurement. So that National Procurement Public Agency must have strategic to increase quality of services of LPSE.
Kata Kunci : LPSE, Pengadaan Barang/Jasa, e-procurement, kualitas layanan, kepuasan pengguna