Laporkan Masalah

PENYUSUNAN ALAT UKUR STUDENT WELL-BEING UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH

riestya estika, Prof. Dr. Saifuddin Azwar, MA

2014 | Tesis | S2 Magister Profesi Psikologi

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan instrumen pengukuran student well-being untuk siswa sekolah menengah yang memiliki karakteristik psikometris yang memuaskan, yaitu valid dan reliabel. Langkah penyusunan skala diawali dengan menentukan teori dasar, merumuskan aspek dan indikator keperilakuan, menulis aitem, melakukan reviu terhadap aitem-aitem yang telah ditulis, melakukan validasi konten, melakukan field test, merakit skala, melakukan validasi kriteria, dan menyusun manual skala. Responden yang dilibatkan dalam penelitian ini sebanyak 1.550 siswa yang terdiri dari siswa SMP dan siswa SMA di Kota Yogyakarta dan Kota Blitar. Terdapat dua bentuk skala yang dikembangkan, yaitu skala Format A tipe Narasi dan skala Format B tipe Likert. Hasil analisis menunjukkan kedua format skala memiliki koefisien reliabilitas dan koefisien validitas yang memuaskan. Skala Format B tipe Likert lebih direkomendasikan penggunaannya dari pada skala Format A tipe Narasi. Kedua skala ini dapat digunakan sebagai instrumen skrining di sekolah dan instrumen riset yang handal.

This study was designed to build a valid and reliable student well-being measurement of high school student. Preparation of the scale followed a series of steps including the selection of a basic theory for building the scale construct, formulation of aspects and behavioral indicators of the attribute, item writing, item review, content validation, field-testing, and validation by criteria. Data for the study was obtained from 1,550 students. Two versions of the scale were developed, namely the A-Format scale which is of narrative type and the B-Format scale which is of Likert type. The analysis showed that both versions of the scale had satisfactory reliability and validity. The use of the B-Format scale (Likert) is more recommended than A-Format scale (Narrative). Both of these scales were shown to be reliable research instruments which can potentially be used as screening instruments in school.

Kata Kunci : skala student well-being, skala tipe Narasi dan tipe Likert, instrumen skrining


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.