Laporkan Masalah

ANALISIS BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK BAHASA INGGRIS SMP/MTs KURIKULUM 2013 WHEN ENGLISH RINGS THE BELL

Laila Ulsi Qodriani, Prof. Dr. Soepomo Poedjosoedarmo

2014 | Tesis | S2 Linguistik

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku sekolah elektronik bahasa Inggris kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Pertama kelas VII When English Rings the Bell melalui analisis penggunaan bahasa dan isi, aspek linguistik yang digunakan dan pertimbangan penulisan buku tersebut dilihat dari prinsip belajar bahasa kedua. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi. Subjek penelitian ini adalah buku sekolah elektronik bahasa Inggris untuk kelas VII yang ditulis oleh Asep Gunawan, Yuli Rulani Khatimah, dan Siti Wachidah. Penelitian ini menganalisis mengenai bahasa, isi, aspek linguistik, dan pertimbangan keterkaitan terhadap prinsip belajar bahasa. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca, pilah dan catat. Data yang diperoleh dideskripsikan dan dianalisis menggunakan rubrik penilaian kualitas buku oleh Wilga M. Rivers (1981) dan dua belas prinsip pembelajaran bahasa oleh Douglas H. Brown (2006). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa kealamian bahasa dan situasi pemakaian bahasa dinilai sudah cukup baik, meskipun harus dilakukan evaluasi terhadap penggunaan beberapa kosa kata. Dialog yang digunakan dalam buku teks ini adalah komunikasi mengenai kehidupan sehari-hari yang menggunakan kalimatkalimat pendek dan teks bacaan yang digunakan menarik. Situasi budaya yang disajikan hanya tertuju pada budaya Indonesia tanpa adanya pengetahuan yang mengaitkan gambaran kebudayaan penutur asli bahasa yang dipelajari. Pembelajaran mengenai perbedaan gender, ras, agama diberikan melalui gambar. Penelitian pada aspek linguistik menunjukkan tidak adanya pembelajaran pelafalan secara tertulis, tidak adanya ringkasan kaidah penggunaan tata bahasa, dan tidak dioptimalkannya penggunaan alat bantu mengajar seperti kaset, rekaman, video dan lain-lain. Namun pada aspek membaca, aspek kosa kata, dan aspek menulis sudah baik karena diberikan dengan berbagai bentuk serta mampu meningkatkan kemampuan siswa pada keterampilan bahasa tersebut. Dalam hal keterkaitan terhadap prinsip belajar bahasa kedua terdapat integrasi terhadap berbagai keterampilan bahasa seperti integrasi antara keterampilan menyimak dan berbicara, integrasi keterampilan membaca dan menulis, serta intergrasi kemampuan berbicara dan menulis. Penggunaan alat bantu visual pada buku ini juga sangat membantu siswa untuk memahami pembelajaran bahasa target.

This study aims to determine the quality of the English electronic textbook in curriculum 2013 for Junior High School grade VII ‘When English Rings the Bell’ through the analysis of the use of language and content, linguistic coverage, considerations are used seen from the principle of second language learning. The type of the research is descriptive qualitative study using content analysis method. The subjects were English electronic textbook for class VII written by Asep Gunawan, Yuli Rulani Khitmah, and Siti wachidah. This study analyzes the language, content, linguistic coverage, and considerations are used seen from the principle of second language learning. Data collection technique was done by using reading, sorting and noting. The data were analyzed textbook evaluation criteria by Wilga M. Rivers (1981) and the twelve principles of language learning by Douglas H. Brown. Based on the results, the nature of language and language use situations considered to be quite good, although it should be evaluated against the use of some vocabulary. Dialogue used in this textbook is the communication of daily life using short sentences and the reading text is interest the student. Cultural situation presented only focused on Indonesian culture without any knowledge of the native cultures. The earning about the differences in gender, race, religion given through pictures. Research on the linguistic coverage showed that there us no activity of pronunciation concern in form of written, no summary of the rules of grammar usage, and use of teaching aids such as tapes, recordings, video and others is not optimize. But the aspect of reading, vocabulary aspects, and aspects of writing is good because it is given to the various forms and is able to improve the language skills of the students on. In terms of relevance to second language learning principles are the integration of the various skills of language integration between skills such as listening and speaking skill integration, reading and writing skills integration, and speaking and writing skills integration. The use of visual aids in this book is also very helpful to understand the students learning the target language.

Kata Kunci : kualitas buku, BSE, analisi bahasa dan isi, aspek linguistik, prinsip belajar bahasa


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.