Laporkan Masalah

RELASI INTERPERSONAL : EKSPLORASI TERHADAP INTERAKSI ANTAR REKAN KERJA PADA PERUSAHAAN

SHELLA VIDYA PUSPA, Prof. Dr. Faturochman, M.A

2014 | Tesis | S2 Magister Profesi Psikologi

Relasi interpersonal merupakan hal penting karena menjadi sumber utama kebahagiaaan dan penyangga terhadap stress. Relasi interpersonal juga mampu meningkatkan kepuasan kerja karyawan yang akan berpengaruh pada organizational outcomes. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengetahui bagaimana bentuk atau gambaran relasi interpersonal antara rekan kerja yang ada di perusahaan? Atas permasalahan tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap pola-pola relasi interpersonal dan menyusun komponen atau aspek-aspek penting dari relasi interpersonal tersebut yang dapat meningkatkan kepuasan kerja karyawan. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksploratori. Pengambilan data berupa penyebaran kuesioner yang berisikan pertanyaan terbuka untuk dapat mengeksplorasi bagaimana relasi interpersonal yang terjalin di organisasi dan aspek-aspek penting dari relasi tersebut yang kemudian akan dilaksanakan interview mendalam untuk mendapatkan jawaban yang lebih terfokus. Analisis yang akan dilakukan menggunakan dua tahapan, yaitu melalui tabulasi frekuensi dan pengkodingan. Responden pada penelitian ini adalah karyawan yang menduduki posisi yang sama, yang saling terlibat dalam melaksanakan pekerjaannya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pola relasi interpersonal antar rekan kerja dalam konteks pekerjaan terjalin secara saling mendukung dan diluar konteks pekerjaan terbentuk hubungan yang saling membaur. Relasi interpersonal tersebut didukung oleh faktor karakter personal yang didominasi oleh tingkat agreeableness dan openness yang tinggi. Selain itu adanya kesamaan latar belakang (usia, status pernikahan dan pekerjaan yang dilakukan), kesamaan tujuan dan pengetahuan juga mendukung terbentuknya hubungan interpersonal yang positif

Interpersonal relationship is important because a major source of happiness and a buffer against stress. Interpersonal relationship also able to increase the employee satisfaction that will be affect to organizational outcomes. Based on that case, researcher want to know how representation of interpersonal relationship between coworker in the company. Based on that problems, the aim of this study was to describe patterns of interpersonal relationship among co-workers in a company that has a working relationship and to develop components or important aspects of interpersonal relationships in the company. This research used exploratory method. Data retrieval in the form of distribution of questionnaires which contains open-ended questions to be able to explore how the interpersonal relationships interwoven in 2 organizations and the important aspects of the relation which will then be carried out in-depth interviews to get a more focused answer. The analysis will be conducted using two stages, that are crosstab analysis and coding analysis. Respondents in this study were employees occupying the same position or level that works interconnected. Research show the patterns of interpersonal relationships among co-workers in work established in promotive interaction, and non work interaction established in united interaction. That pattern of interpersonal relationships are supported by personal character who dominated with high agreeableness and openness. In other that, background similarity (age, marital status, and job), same purpose and knowledge also support to form the positive interpersonal relation.

Kata Kunci : relasi interpersonal, hubungan antar rekan kerja, kepuasan kerja


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.