Laporkan Masalah

HUBUNGAN STRATEGI KOPING DENGAN KECEMASAN UJIAN DALAM MENGHADAPI OSCE PADA MAHASISWA PSIK UGM

LATIFAH SIDHI ADNANI, Ariani Arista Putri Pertiwi, S.Kep.,Ns.,MAN

2014 | Skripsi | ILMU KEPERAWATAN

OSCE (Objective Structured Clinical Examination) menjadi salah satu komponen penilaian dari blok 4.5 CCNS (Comprehensive Clinical Nursing Skills) dengan prosentase penilaian sebesar 70%. OSCE CCNS dianggap menjadi ujian yang memiliki stresor lebih dibandingkan dengan ujian lainnya karena mengujikan 24 stase skills. Situasi ujian keterampilan dengan penilaian standar yang tinggi, waktu yang terbatas, materi ujian yang sulit dan bersifat kompetisi menimbulkan kecemasan ujian. Kecemasan ujian menjadi salah satu penyebab yang dapat mempengaruhi perfoma dan kelulusan. Salah satu cara menyikapi dan mengatasi situasi kecemasan sebelum dan saat OSCE yaitu dengan mempergunakan strategi koping. Tujuan : Mengetahui hubungan antara strategi koping dengan kecemasan ujian mahasiswa PSIK UGM pada saat OSCE. Metode : Studi cross sectional dilakukan pada 92 mahasiswa tahun ke-4 PSIK UGM pada bulan Mei selama jadwal OSCE blok 4.5. Instrumen yang digunakan berupa German Test Anxiety Inventory (TAI-G) untuk mengukur kecemasan ujian dan Coping Strategy Indicator (CSI) untuk mengukur strategi koping. Hasil: Tidak ada hubungan yang bermakna (p>0,05) antara strategi koping dengan kecemasan ujian pada mahasiswa PSIK FK UGM saat menghadapi OSCE. Strategi koping yang digunakan responden (mahasiswa tahun ke-4 PSIK UGM) adalah koping problem solving sejumlah 51 mahasiswa (55,4%), koping seeking social support sebanyak 39 (42,4%) dan yang memilih koping avoidance sebesar 2 mahasiswa (2,2%). Tingkat kecemasan ujian mahasiswa PSIK UGM termasuk pada kecemasan ujian tingkat sedang dengan skor rerata antara 43,78< X ≤ 56,55.

OSCE (Objective Structured Clinical Examination) to be one of the components of the block 4.5 CCNS assessment (Comprehensive Clinical Nursing Skills) with a percentage rating of 70%. CCNS OSCE considered to be the test that have more stressors than other exams for testing this 22 stase skills. The situation assessment skills test with a high standard, limited time, material and exams are tough competition exams cause anxiety. Test anxiety is one reason that can affect performance and graduation. One way to address and resolve the situation before and during the OSCE anxiety is by using coping strategies. Objective: To determine the relationship between coping strategies with PSIK GMU student test anxiety at the time of the OSCE. Methods: A cross-sectional study conducted on 92 students of 4th year PSIK GMU in May during the OSCE block 4.5. The instrument used in the form of German Test Anxiety Inventory (TAI-G) test to measure anxiety and Coping Strategy Indicator (CSI) to measure coping strategies. Results: No significant correlation (p> 0.05) between test anxiety coping strategies with the students of the Faculty PSIK in the OSCE. Coping strategies used by the respondent (4th year student PSIK UGM) is a problem solving coping number of 51 students (55.4%), seeking social support coping as many as 39 (42.4%) and who choose avoidance coping by 2 students (2 , 2%). Moderate level of test anxiety is mostly experienced by 4th years students of PSIK UGM.

Kata Kunci : kecemasan ujian, koping, Objective Skills Clinical Examination (OSCE), Comprehensive Clinical Nursing Skills (CCNS)


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.