KAJIAN KARAKTERISTIK DAN KETERKAITAN SPASIAL PERDAGANGAN MOBIL OTO BURSA TVRI JOGJA DESA SINDUADI KECAMATAN MLATI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA
SUCIYATI, Dr. Andri Kurniawan, S.Si, M.Si.,
2014 | Skripsi | PEMBANGUNAN WILAYAHKegiatan perdagangan mobil di oto bursa TVRI Jogja telah diselenggarakan sejak tahun 2002. Setiap hari minggu ratusan mobil bekas dengan berbagai merk, tipe dan tahun produksi selalu memadati halaman gedung TVRI Jogja. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui karakteristik penjual dan pembeli otobursa mobil TVRI Jogja. (2) Mengetahui interaksi spasial otobursa mobil TVRI Jogja. (3) Mengetahui implikasi kebijakan otobursa mobil TVRI Jogja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan analisis data primer dan sekunder. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik quota sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis tabulasi silang (crosstab), analisis spasial dan analisis deskriptif . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik penjual adalah mayoritas termasuk kedalam golongan angkatan kerja yaitu pedagang mobil, pegawai negeri sipil, dan pegawai swasta sedangkan mahasiswa tidak termasuk kedalam golongan angkatan kerja. Karakteristik pembeli adalah mayoritas pembeli belum menikah memilih hatchback dan sedan sedangkan pembeli yang sudah menikah mayoritas memilih MPV (mobil keluarga). Mayoritas pembeli memilih mobil dengan kelas harga antara Rp.101-150 juta. Jam operasional oto bursa TVRI Jogja yaitu jam 08.00-17.00 WIB, sistem penataan ruang blok tidak ditentukan berdasarkan jenis mobil tetapi hanya berfungsi untuk memudahkan panitia/pengelola oto bursa sedangkan sistem pembayaran dapat melalui Bank BRI, berniaga.com dan sinarmas. Perdagangan oto bursa mobil TVRI Jogja menciptakan interaksi spasial antara wilayah satu dengan wilayah yang lain karena penjual dan pembeli tidak hanya berasal dari dalam DIY tetapi berasal dari luar DIY seperti Jawa Tengah, Banten, Jawa Timur, Jawa Barat, dan DKI Jakarta. Kegiatan perdagangan mobil di oto bursa TVRI Jogja perlu untuk dipertahankan karena oto bursa TVRI Jogja memberi efek pengganda (multiplier effect) bagi sektor perdagangan, menyerap tenaga kerja serta memberikan sumbangan terhadap perekonomian di DIY.
TVRI Yogyakarta’s Automobile Markets activity has been held since 2002. Every Saturday and Sunday, hundreds of secondhand cars with a variety of brands, types, and years of production always packed on the TVRI Yogyakarta area. The purposes of this research are to: (1) Knowing the characteristics of sellers and buyers at TVRI Yogyakarta’s Automobile Market. (2) Knowing TVRI Yogyakarta’s Automobile Market’s spatial linkage. (3) Knowing TVRI Yogyakarta’s Automobile Market’s policy implications. The research method used is the quantitative research method with primary and secondary data analysis. Techniques used in sampling is quota sampling technique. The analysis technique used are the analysis of cross-tabulation, spatial analysis and descriptive analysis. The results of this research indicates that the seller’s characteristics are the majority of the class workforces belongs to the car dealers, civil servants and private employees while students isn’t belong to the class workforces. The buyer’s characteristics are the majority of unmarried buyers choses hatchback and sedan while the majority of married buyers chose MPV (family car). The majority of buyers choose a car with a price class between Rp.101-150 million. TVRI Yogyakarta Automobile Market’s operating hours is at 08:00 am to 05:00 pm, block spatial planning system is not determined by the car types, but only serves to facilitate the committee / manager while the payment system can be done via Bank BRI, berniaga.com and Sinarmas. TVRI Yogyakarta’s Automobile Market create spatial linkage between a region with other regions, due to both the seller and the buyer does not just come from the Yogyakarta but comes from outside Yogyakarta too, such as from Central Java, Banten, East Java, West Java, and Jakarta. The policy implications of TVRI Yogyakarta’s Automobile Market is TVRI Yogyakarta’s Automobile Market need to be maintained because TVRI Yogyakarta’s Automobile Market provide multiplier effect for commerce, it can also provide employment and contribute to the economy in the province.
Kata Kunci : Perdagangan, karakteristik penjual dan karakteristik pembeli, interaksi spasial