KAPASITAS DUKUNG LATERAL FONDASI TIANG TERHADAP PENGARUH GAYA GELOMBANG DAN GAYA ARUS PADA STRUKTUR TRESTEL TIPE DECK ON PILE (Studi Kasus: Dermaga Curah Cair Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumut)
JOHANNES ANDIGAN SINAGA, Prof. Dr. Ir. Bambang Triatmodjo, CES., DEA
2014 | Skripsi | TEKNIK SIPILFondasi tiang merupakan jenis fondasi yang sering digunakan dalam perencanaan bangunan pantai dan lepas pantai. Tiang sebagai elemen struktur yang berinteraksi langsung dengan air laut menerima gaya lateral berupa gaya gelombang dan gaya arus. Gaya gelombang dan gaya arus tidak jarang dapat merusak struktur tiang yang sudah dipancang. Tidak sedikit ditemukan kasus-kasus kerusakan tiang pada pekerjaan pemancangan tiang struktur-struktur atas laut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya gaya gelombang dan arus yang bekerja pada tiang serta mengetahui bagaimana kekuatan tiang tersebut dalam menahan gaya-gaya lateral akibat pergerakan air laut tersebut. Penelitian ini menyajikan perhitungan matematis kapasitas dukung lateral tiang terhadap gaya gelombang dan gaya arus yang bekerja pada tiang Trestel Dermaga Curah Cair Pelabuhan Kuala Tanjung. Data-data yang digunakan dalam penelitian merupakan data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait pada Proyek Pengembangan Pelabuhan Kuala Tanjung. Perhitungan dilakukan secara teoritik dan juga numerik yakni dengan menggunakan software SAP2000, khusus untuk gaya gelombang. Perhitungan teoritik dan numerik menunjukkan bahwa gaya gelombang dan gaya arus paling kritis yang bekerja pada tiang adalah sebesar 8.80 kN. Dengan konsep pembebanan gelombang dan arus statik, kapasitas dukung lateral tiang yang dipancang di dalam tanah dengan kedalaman tanah 30 m adalah 21.3 kN. Berdasarkan kedua pernyataan tersebut, tiang Trestel Dermaga Curah Cair Pelabuhan Kuala Tanjung adalah aman terhadap gaya gelombang dan gaya arus.
Pile foundation is mostly used to support marine structures and offshore platforms. Piles as a structural element of marine structures are required to resist lateral loading due to wave and current force. The extreme wave and current forces can damage pile which have been driven. In some cases, wave and current force are main problem in marine structures construction .The general purpose of this study is to determine the wave force and current force acting along a pile and to determine lateral load capacity of pile that resist lateral loading due to wave and current force. This study presents a comprehensive analysis with mathematical solution about lateral load capacity of pile that subjected wave and current force. The case study was carried out in the Trestle of Liquid Bulk Terminal, Kuala Tanjung Port, North Sumatera. All data that are used were collected from instituitions are related to this project, Kuala Tanjung Port Expansion. The analysis of this study used theoritical approach and numerical approach by using SAP2000 software, especially for wave force analysis. The theoritical and numerical analysis shows the critical wave forces and current forces that act along a pile is 8.80 kN. By static mechanism loading, lateral load capacity of one pile that embedded 30 m soil depth is 21.3 kN. Value of lateral load capacity is greater than sum of wave force and current force. This result provide that pile of Trestle of Liquid Bulk Terminal, Kuala Tanjung Port are safe for wave and current forces
Kata Kunci : tiang, gaya gelombang, gaya arus, Kuala Tanjung