PERBANDINGAN KUAT TEKAN DAN KUAT LENTUR PADA PAVING BLOCK NORMAL DAN PAVING BLOCK CAMPURAN
LUCKY SATYANEGARA, Dian Sestining Ayu, ST., MT.
2014 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK SIPILJalan raya adalah jalan yang dapat dilalui oleh manusia dan kendaraan bermotor yang di bagi menjadi beberapa klasifikasi jalan raya, dewasa ini kebutuhan manusia terhadap jalan raya sangat tinggi, sebagai salah satu sarana transportasi, jalan raya menjadi penopang kebutuhan utama bagi masyarakat perkotaan dan pedesaan. Beton tak bertulang sekarang ini banyak di gunakan sebagai alat penganti aspal, selain harganya lebih murah ,batu bata paving banyak di temukan di beberapa toko bangunan dan sudah banyak industri kecil dan rumahan yang membuka pabrikdi wilayah Yogyakarta, paving yang di gunakan untuk jalan raya harus memenuhi klasifikasi yang sudah di tentukan oleh SNI sebagai standar yang berlaku di Indonesia seperti kuat tekan, kuat aus dan uji ketahanan, paving block normal di buat atas campuran pasir, semen, dan air tapi pada pengujian ini ditambah beberapa campuran untuk menambah nilai kuat tekan, kuat aus, uji ketahanan serta pengujian kuat tarik pada paving. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah di lakukan penelitian beberapa nilai pengujian menjadi lebih baik, kuat tekan menjadi 47,99 MPa untuk paving block campuran pasir dengan standar 40MPa-35MPa, dan pada pengujian baru kuat lentur paving block campuran memperoleh nilai rata rata 3,406 dan paving block normal 1,973. Sehingga dapat di tarik kesimpulan bahwa bata paving campuran lebih baik di banding paving block normal sehingga paving block campuran mungkin dewasanya dapat di gunakan di jalan raya sebagai pengganti aspal dan ikut memajukan Indonesia pada era ecobuilding dan green living.
The highway is a path that can be passed by humans and motor vehicles that are divided into several classifications of highways, nowadays human needs of highway is high priority, as one means of transport, highways became the backbone of the primary needs for urban and rural communities. Non-reinforced concrete today many used as a replacement for asphalt, besides its lower price, many paving bricks found in some stores and has a lot small home-based industries which opened a factory in Yogyakarta, which is used for paving roads must satisfy the classification that has been specified by the standards applicable in Indonesia (SNI) such as compressive strength, strong and wear resistance test, normal paving blocks made of a mixture of sand, cement, and water but in this test plus some mix to increase the compressive strength, strong wear, endurance test and tensile strength test on paving. The results showed that after some research the value of testing for the better, be 47.99 MPa compressive strength for block paving sand mixture with standard 40MPa- 35MPa, and the flexural strength test new block paving mixtures obtain an average value of 3.406 and a normal block paving 1,973. So it can be deduced that the brick paving mix is better compared to a normal block paving block paving mixtures adult may be in use on a highway in lieu of asphalt and revitalized Indonesia in the EcoBuilding and Greenliving.
Kata Kunci : Jalan raya, Paving block, kuat tekan, kuat lentur