Laporkan Masalah

USAHA PT TAMAN WISATA CANDI BOROBUDUR, PRAMBANAN, DAN RATU BOKO UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELAYANAN BAGI PENGUNJUNG DI CANDI BOROBUDUR

ARY RATRI PALUPI, Prof. Dr. Marsono, S.U.

2014 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAAN

Candi Borobudur adalah salah satu dari berbagai macam ikon daya tarik wisata yang terkenal di Indonesia juga di seluruh dunia. Candi Borobudur sendiri banyak mendatangkan pengunjung, dari pengunjung lokal sampai pengunjung mancanegara. Walaupun Candi Borobudur banyak dikunjungi oleh wisatawan, PT TWCB tetap harus selalu melakukan pengembangan-pengembangan yang lebih menarik banyak minat wisatawan. Pelayanan prima penting dilakukan karena perbedaan karakter tiap pengunjung menjadi point penting standar pelayanan di Candi Borobudur terus dibenahi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja fasilitas yang saat ini telah disediakan oleh pihak PT TWCB sebagai sarana untuk meningkatkan kepuasan pelayanan bagi pengunjung, untuk mengetahui usaha apa saja yang dilakukan oleh pihak PT TWCB untuk pengembangan di Candi Borobudur selanjutnya, dan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi wisatawan untuk mengunjungi Candi Borobudur selama ini. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan cara observasi langsung di Candi Borobudur selama 3 bulan, wawancara dengan pihak pengelola Taman, serta dengan studi pustaka mencari literatur buku yang terkait dengan kajian. Kesimpulan yang didapat penulis dari observasi selama ini yaitu tingkat keberhasilan PT TWCB dalam meningkatkan kepuasan pelayanan bagi pengunjung sudah cukup memuaskan dengan terbukti dengan adanya pengembangan dan pembaharuan di beberapa sektor yang penting kegunaannya bagi para pengunjung.

Borobudur temple is one of the most famous tourist attractions in Indonesia and all over the world. Borobudur Temple itself brings a lot of local visitor also foreign visitor. Although a lot of visitor came to this temple, PT TWCB still has to continuous developing of the facilities to attract more visitors. Service excellence is important to do because of the differences characters among visitor, it’s become significant point to do and service standard in Borobudur temple must be improve. The purpose from this research is to know what lately facilities that has been served by PT TWCB as the tools to improved service satisfaction for visitor, to know what kind of effort that already done by PT TWCB to improve the facilities next, and to know what kind of factors that influence visitors to come to Borobudur Temple so far. The research methods that use were by direct observation in the temple for 3 months, made some interview with employers, also with literature study. The conclusion from this observation is achievement level PT TWCB in growing service satisfaction for visitors is quite good, it proved by a lot of developing and innovation for a couple sectors that important for visitors.

Kata Kunci : Kepuasan pelanggan, Pelayanan Prima, Kepuasan Layanan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.