THE SERVICES OF PAYMENT POINT ONLINE BANK (PPOB) NUSANTARA
NOVANNO PRADITO, Nur Endah Nugraheni, S.S., MA.
2014 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRISTujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk menjelaskan bahwa PPOB Nusantara memiliki bermacam-macam layanan jasa di dalam satu sistem. Sekarang bisnis PPOB Nusantara banyak di cari oleh masyarakat, karena bisnis ini sangat mudah diakes dan tidak membutuhkan biaya yang sangat banyak. Selain itu, penelitian ini menjelaskan ada dua transaksi yang di gemari oleh pelanggan dan beberapa kendala saat melakukan transaksi di system. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk menyelesaikan tugas ini adalah pengamatan langsung, wawancara dan studi kepustakaan. Pengamatan langsung dan wawancara berlangsung dari bulan Desember 2013 sampai dengan April 2014. Pengamatan langsung dilakukan dengan bekerja menjadi customer service di PPOB Nusantara. Sedangkan untuk wawancara penulis melakukan dengan orang yang bertanggung jawab atas operational service. Untuk studi kepustakaan penulis mempelajari buku dan mencari informasi tambahan melalui internet. Berdasarkan pengamatan langsung, wawancara dan studi kapustakaan, di sistem PPOB Nusantara memiliki beberapa kendala saat melakukan transaksi. Kendala-kendala yang ada di system tersebut dapat diatasi oleh PPOB Nusantara dengan berbagai macam cara berdasarkan masalah yang di hadapi.
This paper aims to explain that PPOB Nusantara has various kind of services in one system. Currently, many of people seek for the business of PPOB Nusantara, because this business very simple and does not need massive capital. Moreover, this paper aims to explain two favorite services by customer and there are some obstacles when doing transaction in the system. The methods of this paper are direct observation, interview, and library research. Direct observation and interview is conducted in the period of December 2013 until April 2014. Direct observation is conducted by working in PPOB Nusantara as Customer Service. Besides, for interview is conducted with person who has responsibility to services operational. Then, for library research the writer read several books and internet research for additional information. Based on direct observation, interview, and library research, on the system PPOB Nusantara has some problems when doing transaction. The problems which there on the system can be handled by PPOB Nusantara. It will have done with variety of ways based on problems that faced.
Kata Kunci : Sistem Pembayaran Terintegrasi, Bisnis Online, Kendala yang Dihadapi, Layanan PPOB Nusantara