STANDAR RANGKAIAN PELAYANAN MENU ALA CARTE DI HOTEL ROYAL AMBARRUKMO YOGYAKARTA
SHINTA HEDY P, Arina Pramusita, SIP,. M.Si.
2014 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAANPelayanan menjadi hal terpenting dalam pembangunan citra hotel, terutama hotel berbintang. Sejauh ini hotel tidak hanya untuk menginap, melainkan untuk kegiatan meeting, serta untuk menikmati menu yang tersedia di area restaurant yang dimiliki hotel tersebut. Tiap hotel memiliki sequence of service dalam menu Ala Carte yang berbeda, namun tetap sesuai standar yang telah ditentukan. Standar yang menjadi patokan merupakan cara untuk meraih hasil yang maksimal dan mampu menarik tamu untuk datang dan kembali lagi di hotel tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa prosedur pelayanan di Departement Food and Beverage di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Metode penelitian dilakukan dengan membahas prosedur sequence of service serta menanyakan pendapat/respon dari tamu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur sequence of service di The Royal Restaurant telah memenuhi standar dalam melayani tamu, ini dapat dilihat dari respon positif yang diberikan oleh tamu.
A service become an important things in terms hotel image development especially a star-hotel. So far the hotel is not only for stay but for meeting activity beside to enjoy food and beverage available in hotel restaurant area. Each hotel has a different sequence of service a’la carte but still based on standart. The common standart itself is a way to get maximum result amd in order to invite every guest back to the hotel. This study intends to analyee Food and Beverage Departement’s service procedure in Royal Ambarrukmo Yogyakarta Hotel. It’s method was done by discussing sequence of service procedure and asking about guest’s opinion. The result of this study shows that The Royal restaurant’s sequence of service procedure has meet the standart in order to serve the guest. It can be seen from positive comments that the guest gave to us.
Kata Kunci : Hotel, Pelayanan, Prosedur sequence of service.