Laporkan Masalah

FRONT OFFICE DEPARTMENT DALAM OPERASIONAL DI SEJAHTERA FAMILY HOTEL DAN APARTMENT

PARYONO, Prof. Dr. Marsono, SU.

2014 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAAN

Pada Saat ini kepariwisataan di Negara Indonesia telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini dibuktikan dengan berkembangnya jumlah akomodasi, jasa boga/restaurant, transportasi/jasa angkutan, tempat penukaran mata uang asing, ataraksi wisata, cindera mata dan biro perjalanan. Sejalan dengan perkembangan itu, Industri perhotelan perlu mendapatkan perhatian sebagai badan usaha yang bergerak dibidang jasa akomodasi. Industri perhotelan akan terus berkembang sejalan dengan usaha meningkatkan mutu pelayanan agar operasional hotel dapat berjalan dengan lancar. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui aktivitas Front Office di Sejahtera Family Hotel dan Apartment. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam laporan ini adalah wawancara, observasi, dan studi pustaka. Adapun tata cara laporan dengan menghasilkan data diskriptif yaitu data-data dari hasil job training yang diuraikan dalam bentuk kalimat. Dari hasil job training dapat diketahui bahwa Sejahtera Family Hotel dan Apartment khususnya Front Office Departement mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses operasional hotel tersebut. Semua aktivitas tamu yang menginap di Sejahtera Family Hotel dan Apartment dimulai penanganannya oleh bagian depan atau Front Office mulai dari tamu datang, tinggal sampai tamu meninggalkan hotel. Dapat diambil kesimpulan bahwa Front Office berpengaruh besar dalam operasional dan menjadi tolak ukur Sejahtera Family Hotel dan Apartment layak untuk menjadi salah satu “hotel berbintang tiga” yang mampu bersaing dengan hotel-hotel yang ada di Yogyakarta.

At this moment Indonesia tourism in the State has experienced rapid growth. This is evidenced by the growing number of accommodation, catering / restaurant, transport / freight services, foreign currency exchange, travel ataraksi, souvenirs and travel agencies. In line with these developments, the hospitality industry needs to get attention as a business entity engaged in accommodation services. The hospitality industry will continue to evolve in line with efforts to improve the quality of service that the hotel operations run smoothly. The purpose of this thesis is to investigate the activities of the Front Office at Sejahtera Family Hotel and Apartment. Data collection methods used in this report are interviews, observation, and literature. The procedure for generating a data report with data that is descriptive of the results described job training in the form of a sentence. From the results it can be seen that the job training Sejahtera Family Hotel and Apartment especially the Front Office Department has a very important role in the operational process of the hotel. All guests staying in activity Sejahtera Family Hotel and Apartment starts handling by the front or the Front Office from guests arrive, stay until the guests leave the hotel. Can be concluded that the major effect in the Front Office operations and become a benchmark Sejahtera Family Hotel and Apartment deserves to be one of the \\"three-star hotel\\" that can compete with hotels in Yogyakarta.

Kata Kunci : Perkembangan, Tujuan, Peranan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.