EVALUASI PELAKSANAAN PENDIDIKAN PASIEN DAN KELUARGA PADA PELAYANAN HOME CARE BERSTANDAR JOINT COMMISSION INTERNATIONAL DI RUMAH SAKIT PANTI RAPIH YOGYAKARTA
FERTIN MULYANASARI, Heru Subekti, S. Kep., Ns., MPH.
2014 | Skripsi | ILMU KEPERAWATANPenerapan pendidikan bagi pasien dan keluarga oleh perawat dapat memberikan pendidikan yang menunjang kesehatan. Hal ini diselaraskan dengan pengetahuan perawat unit pelayanan home care sesuai standar akreditasi Joint Commission International (JCI) For Home care. Kesiapan unit home care dalam penerapan pendidikan pasien dan keluarga juga mendukung pelayanan yang diberikan kepada pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi pelaksanaan pendidikan pasien dan keluarga pada pelayanan home care berstandar Joint Commission International di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta. Desain penelitian adalah kuantitatif non experimental dengan metode observasional analitik. Subjek penelitian terdiri dari 9 perawat dan 30 pasien home care RS Panti Rapih. Perawat diberikan kuesioner pengetahuan tentang pendidikan pasien dan keluarga. Perawat dilakukan obersevasi sebanyak 30 tindakan pendidikan pasien dan keluarga. Pasien dan keluarga diberi kuesioner kepuasan. Hasil penelitian menunjukan manajemen home care unsur input terdiri dari perawat lulusan akademik (55,6%), sistem keuangan terintegrasi dengan rumah sakit, memiliki standar prosedur operasi, serta saran dan prasarana yang mendukung kegiatan home care. Perawat memiliki pengetahuan sedang atau rendah (88,9%) tentang pendidikan pasien dan keluarga. Pelaksanaan pendidikan pasien dan keluarga dilakukan pada kategori cukup atau kurang baik (88,9%). Hasil pelayanan home care menunjukan 53,3% pasien meresa puas. Uji statistik dengan menunjukan ada hubungan signifikan antara pengetahuan perawat dengan pelaksanaan pendidikan pasien dan keluarga (p = 0,036). Selain itu, uji statistik menunjukan ada hubungan signifikan antara pelaksanaan pendidikan pasien dan keluarga dengan kepuasan pasien (p = 0,011). Kata kunci : pendidikan, pasien dan keluarga, home care, perawatan berfokus pada pasien
The implementation of education for patients and families by nurses can provide education that support health. It is aligned to the nurses' knowledge in home care services that accreditation standards of Joint Commission International (JCI) for Home Care. Readiness of home care for implementation patient and family education also supports care provided to patients. The purpose of this study was to evaluate the implementation of patient and family education in home care services available for Joint Commission International Panti Rapih Hospital, Yogyakarta. The study design is non-experimental quantitative observational analytic method. Research subjects consisted of 9 nurses and 30 patients. Nurses is given knowledge questionnaires of the patient and family education. Nurses were observed as 30 action obersevasi patient and family education. Patients and families were given a satisfaction questionnaire. The results showed management input of home care element consists of academic graduate nurses (55.6%), the financial system is integrated with the hospital, to have standard operating procedures, as well as advice and infrastructure that support home care. Nurses have a medium or low knowledge (88.9%) of the patient and family education. Implementation of patient and family education is done in enough or poor categories (88.9%). Home care services results showed 53.3% of patients feel satisfied. Statistical test showed significant relationship between nurses' knowledge with the implementation of patient and family education (p = 0.036). In addition, statistical tests showed significant relationship between implementation of patient and family education with patient satisfaction (p = 0.011). Keyword : patient and family education, home care, patient- centered care
Kata Kunci : pendidikan, pasien dan keluarga, home care, perawatan berfokus pada pasien