Laporkan Masalah

PELAKSANAAN JEMBATAN KAKI SERIBU JORR W2N JAKARTA

YUDHA WIDYANTORO, Ir. Fathi Basewed, MT

2014 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK SIPIL

Pertumbuhan lalu lintas di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat, terutama ibukota DKI Jakarta. Untuk mengurangi dampak kemacetan, maka pemerintah telah merencanakan penghubungan dua jalan tol yang telah ada di Jakarta. Dua tol yang dihubungkan tersebut antara lain adalah Tol Jakarta Outer Ringroad Utara dan Tol Jakarta Outer Ringroad Barat, dan kemudian tol penghubung ini dinamakan Tol JORR W2N. Karena lokasi rencana merupakan daerah padat penduduk yang menyebabkan keterbatasan lahan, maka perlu adanya inovasi pula dalam pembangunan jalan Tol ini, yaitu dengan membangun Jembatan Kaki Seribu. Pada laporan tugas akhir ini, penulis akan memaparkan pelaksanaan pekerjaan mulai dari pekerjaan persiapan, pekerjaan galian timbunan, pekerjaan pondasi, pekerjaan balok melintang dan pekerjaan deck slab. Salah satu hasil yang diperoleh dari laporan ini adalah daya dukung aksial tiang pancang berdasarkan tiang pancangnya, kalendering dan SPT. Kapasitas dukung ultimit tiang yang didapat berdasarkan kalendering adalah 142,46 Ton, berdasarkan kekuatan bahannya 1035,33 kN, dan berdasarkan hasil SPT adalah 113,04 kN.

Traffic growth in Indonesia had a significant development, especially capital city DKI Jakarta. To reduce the traffic jam, the goverment plan to build a connector between two toll road in Jakarta. Two toll road that will be conected is Northen Jakarta Outer Ringroad and Western Jakarta Outer Ringroad, then the connector is namely Jakarta Outer Ringroad West to North (W2N). Because the location plan is very populated area which led to limited area, it is need to have some inovation, that is to build a Pile Slab Bridge. In this final report, writer will be explain the implementation of Pile Slab job, start from preparation, cut and fill, foundation, beam and deck slab. One result of this report is carrying capacity based on the material itself, calendering and SPT. The ultimate carrying capacity from calendering is 142,46 Ton, from material itself is 1035,33 kN and then carrying capacity from SPT is 113,04 kN.

Kata Kunci : -


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.