English Learning System in SD Islam Terpadu Salman Al Farisi Pogung Rejo
ZAIIMA SHOLIHA, Dr. Endang Soelistiyowati, M.Pd.
2014 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRISSejak bertahun-tahun yang lalu, banyak masyarakat Indonesia belajar di institusi pendidikan berbasis Islam dikarenakan mayoritas masyarakat Indonesia adalah Muslim. Dengan basis Islam tersebut maka salah satu tujuan pembelajaran dalam system pendidikannya adalah pembelajaran bahasa terutama Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. SDIT Salman Al Farisi adalah Sekolah Islam Terpadu di Mlati, Sleman, Yogyakarta yang menempati rangking 3 daerah Mlati di antara sekolah IT yang lain. Mereka mengimplementasikan system sekolah Terpadu dalam kurikulum serta metode pengajaran,tidak hanya mata pelajaran Islam tetapi juga mata pelajaran umum dan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Sistem Pembelajaran Bahasa Inggris di SDIT Salman Al Farisi. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi lapangan dan wawancara dengan guru Bahasa Inggris di SDIT Salman Al Farisi untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana guru melakukan pendekatan dalam mengajar Bahasa Inggris dengan system yang ada. Selain itu, respon dari murid dan orangtua wali murid didapatkan untuk melihat kefektifan dan juga evaluasi terhadap system pembelajaran di SDIT Salman. Oleh karena itu, dilakukan observasi mengenai implementasi sistem yang ada terhadap metode pengajaran Bahasa Inggris di SDIT Salman Al Farisi. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Sistem Pembelajaran Bahasa Inggris di SDIT Salman Al Farisi yang digunakan efektif berdasarkan hasil yang siswa-siswi SDIT Salman dapatkan rata-rata lebih dari standard nilai yang diberikan. Selain itu orangtua wali murid menyatakan kepuasan mereka dengan sistem pembelajaran Bahasa Inggris melihat hasil nilai dan respon anak mereka.
Since years ago, there are many people attending educational institutions with Islamic basis in Indonesia as most Indonesians are Muslims. Since the basis is Islam, the language learning process is one of the purposes in their education system especially Arabic language and also English. SDIT Salman Al Farisi is an Islamic integrated (IT) school in Yogyakarta which ranks 3rd in Mlati, Sleman between other IT school in that region. They implement the Islamic integrated system into its curriculum and also in the methods to teach other subjects; not only the religious science but also other general science and language. This research aims to find the implementation of English learning systemin SDIT Salman Al Farisi. This research uses observation field and interview with the English teacher to find how the teacher approaches students through its learning system in SDIT Salman Al Farisi. Also, the responses from the parents and the students are included to gain the effectiveness and evaluation feedback of the English learning system in SDIT Salman. Thus, the observation of SDIT Salman Al Farisi method in teaching English is conducted. From the result of the research, it can be concluded that English Learning System in SDIT Salman Al Farisi is effective based on the students result in English for most of the students get the score above the standard requirement. Also, most parents reported that they are satisfied with the English learning system in SDIT Salman upon receiving their children results.
Kata Kunci : Sistem pembelajaran, metode pengajaran, SDIT Salman Al Farisi