Laporkan Masalah

PEMBANGUNAN ARMADA TOWN SQUARE DAN PERKEMBANGAN TITIK PUSAT PERDAGANGAN SERTA POLA KONSUMSI DAN BELANJA MASYARAKAT DI KECAMATAN MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANG

BRIAN YOGASWARA CHRISTANTO, Erlis Saputra, S.Si., M.Si,

2014 | Skripsi | PEMBANGUNAN WILAYAH

Armada Town Square (Artos) merupakan mall pertama yang dibangun pada tahun 2011 di Magelang. Hal tersebut akan menimbulkan berbagai macam persepsi masyarakat. Selain itu, keberadaan Artos dapat mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat, seperti perubahan pola konsumsi dan belanja masyarakat, serta keadaan ekonomi masyarakat. Sehubungan dengan hal tersebut, diadakan penelitian ini dengan tujuan : (1)Mengkaji perkembangan titik pusatpusat perdagangan sebelum dan sesudah dibangunnya Mall Armada Town Square, (2) Mengetahui persepsi masyarakat Kecamatan Mertoyudan terhadap pembangunan Mall Armada Town Square Magelang, (3) Mengetahui pola konsumsi atau pola berbelanja masyarakat di Kecamatan Mertoyudan sebelum dan sesudah dibangunnya Mall Armada Town Square. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan interview terhadap responden, observasi sebaran pusat perbelanjaaan di sekitar Mall Artos dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Lokasi pusat-pusat perdagangan sebelum dibangunnya Mall Armada Town Square cenderung menyebar, namun setelah dibangunnya Mall pusat-pusat perdagangan dibangun di sekitar Mall dan dekat dengan jalan utama. Hal ini dikarenakan daerah di dekat jalan utama dan di sekitar mall merupakan area yang strategis. (2) Sebagian besar masyarakat setuju terhadap dibangunnya Mall Artos di Magelang karena dapat digunakan sebagai sarana hiburan. Tetapi, sebagian besar masyarakat tidak setuju jika ditambah Mall di Magelang karena akan mengurangi kenyamanan di Magelang. (3) Terdapat perbedaan tingkat pengeluaran masyarakat Kecamatan Mertoyudan pada tahun 2008 sampai 2014. Perbedaan pengeluaran ini dapat disebabkan oleh meningkatnya berbagai alat pemenuhan kebutuhan dan belanja masyarakat. Hal ini menandakan bahwa kebutuhan masyarakat semakin banyak dan bervariasi. Dengan begitu dapat dikatakan bahwa pola konsumsi masyarakat semakin meningkat. Kata Kunci : Pusat Perdagangan, Mall, Konsumsi, Persepsi

Armada Town Square (Artos) is the first mall built in Magelang in 2011. It will cause various perceptions in the society. Besides, the existence of Artos could influence society’s socio-economic condition, such as change on the pattern of society’s consumption and expenditure and also society’s economic condition. In relation with that condition, this research is conducted with purposes: (1) to know the development of trade centers before and after Armada Town Square Mall was built, (2) to know Mertoyudan District society’s perception on the development of Armada Town Square Mall in Magelang, (3) to know society’s pattern of consumption and expenditure in Mertoyudan District before and after Armada Town Square Mall was built. This research was conducted by using qualitative and quantitative method. The data collection was completed by interviewing the respondents, observing the distribution of trade centers around Artos Mall and documenting the research. Analyzing technique used in this research is descriptive. The result of the research shows that: (1) Trade centers location before Armada Town Square was built tended to be spreading and after the Mall was built, trade centers were also built near the main road. It is because the area near the main road and around the mall is strategic areas. (2) Most of the society is agree with the construction of Artos Mall in Magelang because it could be used as an entertainment facility. However, most of the society do not agree if another mall is added in Magelang because it could decrease comfort in Magelang. (3) There is level difference in expenditure of Mertoyudan District society in 2008 to 2014. This expenditure difference could be caused by the increasing of various means for needs fulfillment and expenditures. It indicates that society’s needs are more various and increasing. Keywords : Trade Center, Mall, Consumption, Perception

Kata Kunci : Pusat Perdagangan, Mall, Konsumsi, Persepsi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.