PERUBAHAN METODE KERJA PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL LINGKAR LUAR JAKARTA ATAU JORR (JAKARTA OUTER RING ROAD) PAKET 4 TERHADAP EFISIENSI WAKTU DAN BIAYA
EWITHA NURULHUDA, Teguh Sudibyo, ST., MT.
2014 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK SIPILJalan Tol Lingkar Luar Jakarta, merupakan bagian dari sistem jalan tol Jakarta – Jawa Barat, yang berfungsi untuk membantu mengurangi kepadatan lalu lintas kota, serta memperlancar transportasi dari dan ke Pelabuhan Tanjung Priok dan Bandara Internasional Soekarno - Hatta. Proyek yang sudah berjalan hampir 2 tahun ini direncanakan akan selesai pada bulan mei 2014 lebih cepat 3 bulan dari rencana awal yaitu pada bulan agustus 2014. Percepatan yang terjadi menyebabkan pergantian pekerjaan, dan penambahan material. Pergantian pekerjaan dari dinding penahan tanah segmental dengan dinding turap mempercepat waktu selama 6 minggu. Penambahan material dari tanah merah dengan batu kapur mempercepat waktu selama 16 minggu. Perbedaan bobot pekerjaan dipengaruhi oleh perbandingan total harga dan nilai kontrak yang berbeda.
The Jakarta Outer Ring Road, is part of Jakarta-West Java highway system, was planed to help reduce traffic from city and to swift transportation from Tanjung Priok harbor and Soekarno – Hatta International Airport. The project is almost finished to 2 years and planned finish on mei 2014, 3 month faster from the schedule on August 2014. The consequence of acceleration time schedule influence work and commutation and materials addition. The work commutation from retaining wall segmental to turap wall acceleration time to 6 weeks. Material addition from red soil to limestone acceleration time to 16 weeks. The different of quality works affected by ratio total cost and contract value diverge.
Kata Kunci : percepatan, dinding penahan, material, waktu, bobot