Analisis Peran Surabaya Tourism Promotion Board Dalam Memasarkan Wisata Kota Surabaya
VINCENTIA AYU LARASATI, Prof. Dr. Marsono, S.U,
2014 | Skripsi | PARIWISATAPenelitian ini membahas mengenai peranan yang dilakukan pemerintah Kota Surabaya memanfaatkan potensi wisata yang ada untuk dipasarkan menjadi sebuah produk wisata andalan. Kota Surabaya, yang selama ini lebih dikenal dengan kota bisnis, sebenarnya memiliki berbagai daya tarik wisata. Wisata sejarah menjadi ikon dan andalan Surabaya. Selain wisata sejarah, saat ini dikembangkan wisata alam, wisata belanja, dan kuliner untuk turut menyumbang peran besar bagi kemajuan pariwisata Surabaya. Melihat kondisi pariwisata kota Surabaya yang mengalami kemajuan, pihak pemerintah membentuk sebuah organisasi yang khusus bergerak dalam bidang promosi pariwisata yang diberi nama Surabaya Tourism Promotion Board (STPB). Surabaya Tourism Promotion Board merupakan organisasi promosi wisata yang pertama di Jawa Timur yang berada dibawah Bidang Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya. Fokus penelitian ini ada pada peranan STPB dalam memajukan pariwisata Surabaya dan strategi pemasaran yang digunakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara dengan berbagai pihak yang berkaitan dengan STPB dan sumber data sekunder diperoleh dari jurnal, artikel, buku, dan internet. Peran yang dilakukan oleh pihak STPB dengan membuat logo dan city branding “Sparkling Surabayaâ€, kegiatan roadshow, fam trip, dan trade show, pembuatan event tahunan, dan co-branding dengan business product, asosiasi, dan kesenian, secara umum sudah sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang sudah ditetapkan namun terdapat kesamaan tugas pokok dan fungsi antara STPB dengan Seksi Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya. Kesamaan tugas pokok dan fungsi ini menyebabkan masyarakat bingung untuk membedakan hasil kerja mereka.
This study discusses about the role of the Surabaya government utilize tourism potential become a tourism product. Surabaya city, which is known by the business city, it actually has a variety of tourist attraction. Heritage is an icon of Surabaya tourism. Nature, shopping, and culinary tourism contribute a major role for the growth of Surabaya tourism beside heritage tourism. Seeing the condition of Surabaya tourism growth, the government set up a special organization engaged in the promotion of tourism, named Surabaya Tourism Promotion Board (STPB). Surabaya Tourism Promotion Board is the first tourism promotion organization in East Java, which is under the Department of Promotion of Culture and Tourism of Surabaya. The focus of this study is on the role of STPB in promoting Surabaya tourism and the marketing strategies they are used. The method used is descriptive qualitative method using primary and secondary data sources. The primary data source was obtained through interviews with various parties associated with STPB and secondary data sources obtained from journals, articles, books, and the internet. Generally STPB have done all requested activities as mentioned in their role such as create a logo and city branding \\"Sparkling Surabaya\\", activity roadshows, fam trips, and trade show, the manufacture of the annual event, and co-branding with business products, associations, and the arts but there some overlap in their role between STPB and Promotion section, Department of Cultural and Tourism Surabaya because they have the same role and job description.
Kata Kunci : wisata Surabaya, Sparkling Surabaya, STPB