Laporkan Masalah

ULASAN PRODUK KECANTIKAN DALAM BLOG BABILLAGE DAN MAJALAH FEMME ACTUELLE (ANALISIS FUNGSI BAHASA DAN KOMPONEN KOMUNIKASI)

TIARA ESTU AMANDA, Drs. Subiyantoro, M.Hum.

2014 | Skripsi | SASTRA PERANCIS

Penelitian ini membahas ulasan produk kecantikan yang terdapat dalam blog Babillages dan majalah khusus wanita Femme Actuelle edisi 1511, 1516, dan 1523. Ruang lingkup yang menjadi pokok bahasan adalah fungsi bahasa dan komponen komunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan perbedaan fungsi bahasa dengan menggunakan teori Roman Jacobson. Teori Dell Hymes digunakan untuk mengetahui komponen komunikasi apa saja yang dapat mempengaruhi perbedaan fungsi bahasa dalam kedua media tersebut. Hasil analisis menunjukkan perbedaan yang paling mencolok terdapat pada fungsi emotif, fungsi konatif, dan fungsi fatik. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh komponen komunikasi yaitu scene, participants, ends, dan instrumentalities. Kata kunci : fungsi bahasa, media, komunikasi

This research explains beauty products reviews which are contained in beauty blog Babillages and woman magazine Femme Actuelle for edition 1511, 1516, and 1523. The scopes of research are the function of language and communication components. The purpose of this study is to describe the differences of language function by using the theory of Roman Jacobson. Dell Hymes theory is used to determine what communication components can affect the function of language differences in both media. The results of this analysis are, first, the most distinctive differences of language function, which are the emotive function, conative function, and phatic function. Second, communication components that cause these differences which are scene (psychological situation), participants (those involved in communication), ends (the intent and purpose of communication), and instrumentalities (the media used). Key words: language function, media, communication

Kata Kunci : fungsi bahasa, media, komunikasi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.