PERANCANGAN FORMULIR REKAM MEDIS BENCANA DAN PENYUSUNAN STANDARD OPERATING PROCEDURE(SOP) PELAKSANAANYA DI RSUD KOTA YOGYAKARTA
RAHMA PUSPITA, Nur Rokhman, S.Si, M.Kom.
2014 | Tugas Akhir | D3 REKAM MEDISLatar Belakang: Dalam kondisi bencana, pelayanan di rumah sakit akan sangat padat. Selain itu, dibutuhkan pelayanan yang lebih cepat. Dalam kondisi beban kerja yang sangat tinggi, petugas dituntut untuk tetap mendokumentasikan pelayanan yang telah diberikan kepada pasien karena pentingnya pendokumentasian sebagai sumber data yang nantinya akan digunakan rumah sakit untuk berbagai kepentingan. Hal tersebut menjadi landasan diperlukannya alat pengumpul data yang mengakomodir kebutuhan pelayanan saat bencana. Alat tersebut adalah formulir yang disiapkan sedemikian rupa sehingga mampu memenuhi kebutuhan data dan informasi yang berkualitas dengan kondisi darurat yang ada. Selain itu, diperlukan juga alat verifikasi penggunaan formulir rekam medis bencana sehingga penggunaan formulir rekam medis berjalan dengan baik. Alat verifikasi yang dimaksud yaitu prosedur pelaksanaan (SOP). Tujuan: Penelitian tersebut bertujuan untuk merancang formulir rekam medis bencana dan menyusun Standard Operating Procedure pelaksanaannya agar dapat diimplementasikan di RSUD Kota Yogyakarta. Hasil: Formulir rekam medis bencana yang terpilih adalah rancangan dengan triage yang terperinci dan disajikan dalam bentuk checklist sehingga mempermudah pengisian disaat kondisi darurat bencana dan alur pengisian/pencatatan formulir rekam medis bencana yang dapat dijadikan sebagai verifikator pelaksanaan kegiatan tersebut.
Background: In disaster conditions, the hospital services will be very dense. In addition, it takes a faster service. Under conditions of very high workload, officers are required to keep documenting the service provided to the patient because of its importance as a source of data documenting that the hospital will be used for various purposes. It became the cornerstone of the needs for a data collection tool that accommodates the needs of the service during a disaster. The tool is sedemikin prepared in such a form so as to meet the needs of data and quality information to emergency conditions exist. In addition, the use of verification tools is also required form of disaster medical record so that the use of medical records form goes well. Verification tool is that the implementation procedures (SOP). Objective: This study aimed to design a disaster medical record form and Standard Operating Procedure of the implementation that can be implemented in RSUD Kota Yogyakarta. Results: disaster medical record form was chosen to triage the detailed design and presented in the form of checklists that facilitate charging when emergency conditions and flow charging / recording disaster medical record form that can be used as a verifier implementation of these activities.
Kata Kunci : Rancangan, Formulir, Rekam Medis, Bencana, SOP