MANAGEMENT AND MARKETING STRATEGY OF PEMPEK MANG PARI 19 ILIR
HENDRA RIDHO M, Mrs. Erlin Estiana Yuanti, S.S., M.A.
2014 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRISPenulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk menjelaskan tentang profil singkat mengenai restoran pempek Mang Pari 19 Ilir, serta sedikit menjelaskan tentang perjalanan bisnis dari restoran tersebut, ditambah dengan sedikit penjelasan tentang proses pembuatan pempek dan cuko di restoran pempek Mang Pari. Selanjutnya dalam tugas akhir ini juga berisi tentang sistem manajemen dan sistem pemasaran yang diterapkan di restoran tersebut. Agar tujuan dan keuntungan dari sebuah perusahaan bisa tercapai, sebuah sistem pemasaran sangatlah dibutuhkan untuk mengorganisir segala aktifitas didalamnya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori “4 P’s†dimana setiap “P†adalah sebuah rumus dalam penerapan sistem pemasaran. 4 P terdiri atas: Product, Price, Place dan Promotion. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi langsung, wawancara, analisis kuisioner dan studi pustaka. Observasi langsung dilakukan selama satu bulan untuk mengetahui sistem manajemen dan marketing di restoran tersebut. Wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi dan data yang dibutuhkan. Dan studi pustaka dilakukan untuk mengumpulkan informasi pendukung tambahan yang terkait dengan penelitian dalam pembahasan Tugas Akhir ini. Disamping itu, penulis juga menyebarkan kuisioner kepada pelanggan restoran Pempek Mang Pari. Berdasarkan pendapat pelanggan, penulis menganalisa dan merubahnya menjadi sebuah data sebagai fakta penguat dari penelitian.
This Graduating Paper aims to explain about the short profile of Pempek Mang Pari 19 Ilir restaurant, also it tells about the history about Pempek Mang Pari restaurant, in addition it contains with the making process of pempek and cuko in Pempek Mang Pari restaurant. Next, this graduating paper contains about the management and marketing system that used in Pempek Mang Pari restaurant. In order to achieve the goal and profit, the marketing strategy are needed in a company to organize the entire activities inside it. In this research the writer uses the “4 P’s†theory, where the “P†letter is a formula to implementing the marketing system. Each of 4 P consist of: Product, Price, Place and Promotion. The methods of collecting data in this research are direct observation, interview, and library research. Direct observation is conducted for one month to identify the management and marketing system inside the restaurant of pempek Mang Pari 19 Ilir. Interview purposes to get the information which are needed to this research. And the library research is done to collect the additional information that related with the research to support the discussion of this graduating paper. Besides, the writer spreads the questionnaire to the customer of Pempek Mang Pari restaurant. Based on the customer’s opinion, the writer analyses and turns it into data as the strengthening facts of the research.
Kata Kunci : Pempek, Pempek Mang Pari 19 Ilir, Sistem Manajemen, Sistem Pemasaran