Laporkan Masalah

PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENGARUH TERHADAP KUALITAS PELAYANAN HOTEL SAHID RAYA YOGYAKARTA

ADITYA NUGROHO, Yulita Kusumasari, S.T.,M.Sc.

2014 | Skripsi | PARIWISATA

Sebagai salah satu perusahaan yang mengutamakan jasa pelayanan, industri perhotelan mempunyai strategi khusus dalam pengelolaan SDM dalam rangka mewujuudkan pelayanan prima. Hotel Sahid Raya Yogyakarta melalui Human Resources Department sebagai bagian yang mengelola SDM menerapkan metode learning by doing, promosi dan rotasi jabatan serta training motivation training guna mewujudkan pelayanan prima. Selain metode pengelolaan SDM, penulisan ini juga mengulas tentang pengaruh latar belakang pendidikan karyawan pada karyawan hotel tersebut. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis adalah Deskriptif Kualitatif dengan cara menjabarkan metode pengelolaan SDM yang berlaku di lingkungan Hotel Sahid Raya Yogyakarta dan menganalisis apakah latar belakang pendidikan para karyawan dapat mempengaruhi kinerja dalam pelayanan hotel. Hasil dari pembahasan diatas dapat diketahui manajemen membekali karyawan uji kompetensi dari sehingga terwujud karyawan yang bersertifikasi dan berkompeten. Kesimpulan pada pembahasan diatas menyatakan bahwa latar belakang pendidikan tidak berpengaruh kepada kualitas pelayanan yang diberikan oleh karyawan, namun kualitas pelayanan ditentukan pada seberapa sering karyawan Hotel Sahid Raya Yogyakarta tersebut berlatih dan belajar untuk dapat memberikan pelayanan. Kata Kunci: Yogyakarta, Hotel Sahid Raya Yogyakarta, manajemen sumber daya manusia, latar belakang pendidikan

As one of the priority services, the hospitality industry has a specific strategy in the management of human resources in order to realize the excellent service. Hotel Sahid Raya Yogyakarta through the Human Resources Department as part of managing human resources to apply the method of learning by doing, promotion and rotation, and outing motivation and training in order to realize excellent service. This paper also discusses about the effect of the educational background in the hotel. Techniquesz of data analysis were used t analyze problem is qualitative descriptive method to describe of the management of human resources in effect in the Hotel Sahid Raya Yogyakarta and educational background of employees can affect performance of the hotel service. Discussion result can be known management equip an employee with competency test so realized employees certified and competent. he conclusion States that the educational background do not affect the quality of service provided by the employee but the quality of service is determined on how often employees hotel to practice and learn to be able to provide services Keyword: Yogyakarta, Hotel Sahid Raya Yogyakarta, human resource management, educational background

Kata Kunci : Yogyakarta, Hotel Sahid Raya Yogyakarta, manajemen sumber daya manusia, latar belakang pendidikan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.