SEGMENTASI PASAR KARKAS AYAM KAMPUNG BERDASARKAN ASPEK DEMOGRAFI, GAYA HIDUP DAN MANFAAT PRODUK DI KOTAMADYA YOGYAKARTA
SEPTIARINI EKA PUTRI, Dr. Ir Suci Paramitasari Syahlani, MM
2014 | Skripsi | ILMU DAN INDUSTRI PETERNAKANPenelitian ini bertujuan untuk menganalisa segmen konsumen karkas ayam kampung berdasarkan demografi, gaya hidup dan manfaat produk serta atribut yang dianggap penting oleh konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 100 ibu rumah tangga yang diambil dengan cara judgemental sampling method. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari 2014. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis tabulasi silang, analisis faktor dan analisis klaster. Hasil analisis penelitian mengarahkan pada kesimpulan bahwa pendapatan dan pendidikan berhubungan dengan pembelian karkas ayam kampung sedangkan umur, jumlah anak dan pekerjaan tidak berhubungan dengan pembelian karkas ayam kampung. Hasil analisis klaster menunjukkan gaya hidup konsumen dikelompokkan dalam dua klaster dimana sebanyak 96% konsumen tergolong dalam klaster segmen yang mempertimbangkan informasi hal baru dan kualitas produk sedangkan 4% tergolong dalam klaster segmen yang mempertimbangkan aspek kesehatan. Manfaat produk yang diinginkan konsumen yakni manfaat fungsional sebesar 50%, manfaat pengalaman sebesar 40% dan manfaat simbolik sebesar 10%. Hasil analisis faktor atribut produk menunjukkan bahwa atribut kualitas fisik, atribut kimia dan atribut pemasaran dianggap penting oleh konsumen. Oleh karena segmen konsumen berbeda-beda, maka dapat disarankan bahwa strategi pemasaran perlu disesuaikan dengan target segmen konsumen.
This study aims to analyze the chicken carcass consumer segments based on demographics, lifestyle and product benefits and attributes that are considered important by consumers . This research was conducted by survey method . The number of respondents in this study were 100 housewife taken by way of judgmental sampling method. Data collection was conducted from January to February 2014. Data were analyzed with cross tabulation analysis , factor analysis and cluster analysis . Results of analysis leads to the conclusion that income and education associated with the purchase of chicken carcasses whereas age , number of children and the work is not related to the purchase of chicken carcasses . The results of cluster analysis showed consumer lifestyles are grouped in two clusters where as many as 96 % of consumers belonging to the cluster segment considering novelty and quality information products while 4 % belonging to the cluster segments that consider the health aspect . Products benefit of chicken carcass that considered to be important are 50 % functional benefits, 40% experience the benefits and symbolic benefits by 10 % . The results of the factor analysis showed that the product attributes of the quality attributes of the physical , chemical attributes and marketing attributes considered important by consumers.
Kata Kunci : Segmentasi, Demografi, Gaya hidup, Manfaat