The Marketing Strategy of Pink Label Sexy Dancer in Yogyakarta Entertainment
TYAS PINTAKA DEWI, Tri Nuraniwati, SS, MA.
2014 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRISTugas akhir ini bertujuan untuk menjelaskan tentang tujuan strategi pemasaran yang dilakukan oleh Pink Label. Beberapa cara yang dilakukan untuk mengetahui tujuan dan langkah-langkah Pink Label dalam mencapai tujuannya yaitu dengan menggunakan konsep analisa STP dan analisa SWOT. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung, wawancara dan studi kepustakaan. Observasi langsung dilakukan secara intensif selama tiga bulan terakhir untuk dapat mengetahui bagaimana dan seperti apa program yang dilakukan Pink Label mempertahankan pasarnya. Wawancara yang dilakukan dengan ketua dan anggota-anggota serta beberapa mantan anggota Pink Label diharapkan memberikan data yang lebih akurat. Studi perpustakaan dilakukan untuk mengumpulkan informasi pendukung dalam pembahasan tugas akhir ini. Berdasarkan analisa STP dan SWOT, perkembangan Pink Label Dancer dipengaruhi oleh beberapa hal. Berdasarkan analisis STP, penampilan Pink Label yang sexi akan mendukung karakter mereka sehingga mempermudah mereka dalam memposisikan diri mereka di pasar. Berdasarkan analisis SWOT, penari Pink Label yang memiliki pekerjaan ganda mengakibatkan Pink Label tidak dapat fokus pada pertumbuhan usahanya. Hal itu mengakibatkan Pink Label sulit mengembangkan operasionalnya. Beberapa hal tersebut akan berkaitan dengan visi dan misinya. Apapun misi yang dilakukan Pink Label jika visinya terbatas, maka perkembangannya akan terbatas pula.
This paper aims to explain the purpose of Pink Label marketing. There are several ways to get data of Pink Label’s actions in its mission to get its vision by using concepts of STP analysis and SWOT analysis. Some methods of collecting data are direct observation, interviews, and library research. Direct observation is conducted intensively three months in order to know how their programs that works to stay alive in their market. Interviewing the leader, members and ex members of Pink Label is useful to get the valid information. Meanwhile, the library research is done to collect some additional information to support the discussion of this paper. Acording to the STP and SWOT analysis, Pink Label’s development is influenced by several matters. Based on STP analysis, Pink Label’s sexy appearance supports Pink Label’s character, so Pink Label is easier in its positioning process. Pink Label’s dancers who have more than one responsibility makes Pink Label cannot focus on its growth. It makes Pink Label difficult to develop the operational. All that matters above would be related to the vision and mission. How good Pink Label works the missions, if the vision is circumscribed; the development is the same.
Kata Kunci : pemasaran, dunia hiburan, Pink Label Dancer