PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS (SIMPUS) TERKAIT PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS GONDOKUSUMAN II YOGYAKARTA
ASEP SETYA BUDI, Nuryati, S.Far, MPH.
2014 | Skripsi | D3 REKAM MEDISlangsung, beberapa menu SIMPUS di Puskesmas Gondokusuman II Yogyakarta belum dimanfaatkan secara menyeluruh. Dengan latar belakang tersebut, penulis tertarik membahas topik yang berkaitan dengan SIMPUS agar dimanfaatkan secara optimal dan mengidentifikasi faktor penyebab ketidakmaksimalnya penggunaan SIMPUS. Selain kedua hal tersebut penulis akan membahas mengenai sejauh mana manfaat yang di berikan oleh SIMPUS terutama terkait dengan pelayanan pasien rawat jalan, mulai dari pasien mendaftar sampai pasien pulang. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan SIMPUS di Puskesmas Gondokusuman II terkait dengan pelayanan pasien rawat jalan Metodelogi Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan rancangan fenomenologis. Pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah petugas Puskesmas Gondokusuman II Yogyakarta yang menggunakan aplikasi SIMPUS MedCIS terkait dengan pelayanan pasien rawat jalan. Objek dari penelitian ini adalah Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) MedCIS di Puskesmas Gondokusuman II Yogyakarta. Hasil: Menu SIMPUS yang digunakan terkait dengan pelayanan pasien rawat jalan di Puskesmas Gondokusuman II Yogyakarta adalah Menu Pendaftaran, Menu Pemeriksaan, dan Menu Farmasi. Menu yang digunakan Menu pendaftaran dan Menu Pemeriksaan sedangkan menu Farmasi tidak digunakan sama sekali. Faktor penyebab tidak digunakannya menu yang ada di SIMPUS terkait pelayanan pasien rawat jalan berdasarkan unsur man belum adanya pelatihan kepada petugas terkait penggunaan SIMPUS. Berdasarkan unsur money belum adanya anggaran khusus pemeliharaan SIMPUS. Berdasarkan unsur material, data stok obat lama tidak dapat di update secara otomatis dengan data stok obat baru. Berdasarkan unsur machine, software SIMPUS sering eror dan komputer loadingnya lama. Berdasarkan unsur methods, belum adanya SOP maupun Instruksi terkait penggunaan SIMPUS dalam melakukan pelayanan terhadap pasien. Kesimpulan: Masih terdapatnya menu yang belum digunakan oleh petugas Puskesmas Gondokusuman II Yogyakarta secara maksimal.
Background: Based on interviews and direct observation, some of the menu at the Health Center SIMPUS Gondokusuman II Yogyakarta has not been thoroughly exploited. With this background, the authors are interested in discussing topics related to SIMPUS that used optimally and identify factors causing ketidakmaksimalnya SIMPUS use. In addition to these two authors will discuss the extent to which benefits are given by SIMPUS primarily related to outpatient care, ranging from patient to patient home sign. Goal: The objective of this study was to examine the use SIMPUS at the Health Center II Gondokusuman associated with outpatient services Method: This study uses descriptive qualitative approach and using a phenomenological design. Retrieval of data through interviews, observation, and study documentation. This is the subject of this reserach Gondokusuman II Yogyakarta health worker who uses SIMPUS MedCIS applications related to outpatient care. Object of this study is PHC Management Information Systems (SIMPUS) MedCIS Gondokusuman Health Center II in Yogyakarta. Result: The menu used SIMPUS associated with outpatient services at the health center of Yogyakarta is Gondokusuman II Registration Menu, Menu examination, and Menu Pharmacy. The menu is used and the registration menu while the menu Pharmaceutical Inspection Menu is not used at all. Factors causing disuse of the menu on SIMPUS related outpatient services based on the absence of the element of man to the officer training related to the use SIMPUS. Based on the lack of money element of a special budget SIMPUS maintenance. Based on the material elements, the old drug stock data can not be updated automatically with new drug stock data. Based on machine elements, software and computer SIMPUS frequent error loading time. Based element methods, the lack of Standard Operational Procedures and related instructions for use SIMPUS in doing service to the patient. Conclusion: Still the presence of a menu that has not been used by the health center staff Gondokusuman II Yogyakarta fullest.
Kata Kunci : SIMPUS, Menu, Sub Menu, Pemanfaatan