Exploring the Effect of the Extended TPB Model to Predict Consumers’ Usage Intention on Daily Deal Discount Website
LIDYA DE VEGA, Bayu Sutikno, M.S.M., Ph.D.
2014 | Skripsi | MANAJEMENSitus diskon daily deal mengalami mode baru dalam beberapa tahun terakhir, khususnya di Indonesia. Hal ini menyajikan kesempatan baru yang semakin penting sebagai perangkat promosi dalam menargetkan kategori pelanggan tertentu. Berdasarkan hal tersebut, evaluasi terhadap strategi promosi yang masih jarang ini, diperlukan untuk memprediksi niat penukaran kupon oleh pelanggan dalam menggunakan kesepakatan/deal yang ditawarkan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi niat konsumen dalam penggunaan situs diskon daily deal menggunakan perluasan dari Theory of Planned Behavior (TPB), melalui kecendrungan sikap konsumen terhadap situs diskon daily deal (daily deal discount websites proneness). Sampel diperoleh dari 203 pelanggan situs diskon daily deal di Yogyakarta, yang mengisikan kuesioner secara online, kemudian data-data masukan dianalisis dengan menggunakan regresi linier dan analisis regresi berganda. Studi ini mengkonfirmasi bahwa komponen TPB, yaitu sikap terhadap tindakan menggunakan situs diskon daily deal (attitude toward the act of using daily deal discount website), sikap terhadap pencarian internet (attitude toward internet searching), norma subyektif (subjective norms), persepsi pengendalian perilaku (perceived behavioral control) dan perilaku di masa lalu (past behavior) memiliki pengaruh positif pada kecendrungan sikap konsumen terhadap situs diskon daily deal; dan pengaruh kecendrungan sikap konsumen terhadap situs diskon daily deal terhadap niat penggunaannya (usage intention). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sikap terhadap perilaku penggunaan situs diskon daily deal dan norma subyektif adalah prediktor terkuat di antara variabel lain dalam mempengaruhi kecendrungan sikap konsumen terhadap situs diskon daily deal; dan (2) xiii kecendrungan sikap konsumen terhadap situs diskon daily deal menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan pada niat penggunaan situs diskon daily deal. Keywords: Daily deal discount website, Theory of Planned Behavior, Daily deal discount proneness, Usage Intention.
Daily deal discount website is experiencing a new fashion in recent years, especially in Indonesia. It presents growing importance as a new opportunity of promotional devices in targeting customized customers. Regarding to that, the evaluation of this promotional strategy is needed to predicting customers‟ coupon redemption intention of using the deal. Therefore, the aim of this study is to analyze the factor influencing the usage intention of daily deal discount website using the extended theory of planned behavior (TPB), through daily deal discount proneness. A sample of 203 daily deal discount customers from Yogyakarta completed an online questionnaire, as the input for linear regression analysis and multiple regression analysis. This study confirm that the components of TPB, which are attitude toward the act of using daily deal discount website, attitude toward internet searching, subjective norm, perceived behavioral control and past behavior have positive influence on the daily deal discount website proneness; and so as daily deal discount website proneness on usage intention. The results show that (1) attitude toward behavior and subjective norms are the strongest predictors among other variables in influencing daily deal discount website proneness; and (2) daily deal discount website proneness become an important determinant that has to be considered on the intention of using daily deal discount websites. Keywords: Daily deal discount website, Theory of Planned Behavior, Daily deal discount proneness, Usage Intention.
Kata Kunci : Daily deal discount website, Theory of Planned Behavior, Daily deal discount proneness, Usage Intention