Laporkan Masalah

PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN CARAMEL SALAK MENJADI PRODUK UNGGULAN DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT (Studi Kasus Cristal Salak, KWT Sri Rejeki Turi Sleman)

HENDY DHARMAWAN, Ir. Pujo Saroyo, M.Eng.Sc

2014 | Skripsi | TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

Salak pondoh merupakan tanaman buah tropis yang banyak terdapat di utara DIY, atau lebih tepatnya berada lereng gunung Merapi kawasan Turi, Cangkringan Sleman. Tanaman salak pondoh merupakan tanaman yang berbuah sepanjang musim dan tahan terhadap hama penyakit. Karakteristik salak pondoh yang unggul membuat banyak orang tertarik dalam menanam sehingga mengakibatkan semakin melimpahnya produksi salak pondoh yang berasal dari daerah Turi, ditambah lagi banyaknya salak pondok yang dihasilkan dari daerah lain seperti Banjarnegara, Magelang dan Karanganyar mengakibatkan harga pasaran yang tidak stabil dan cenderung menurun ketika panen raya. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi pasca panen yang semakin berkembang, kini semakin banyak olahan salak seperti keripik salak, bakpia salak, caramel salak. yang diproduksi oleh para penduduk di sekitar Turi, khususnya Desa Kembangarum. Caramel salak merupakan salah satu olahan salak yang menarik untuk dikembangkan, karena didukung pembuatannya yang mudah dan sekaligus bernilai ekonomi yang tinggi. Cristal Salak yang didirikan oleh Kelompok Wanita Tani Sri Rejeki yang berasal dari Desa Kembangarum memproduksi caramel salak terbatas untuk pasar dengan lingkup Turi dan wisatawan yang melancong di sekitar Turi. Pada penelitian ini dilakukan analisis Strengh, Weakness, Oppurtinity, Threat (SWOT) untuk menyusun strategi yang tepat dalam memasarkan produk caramel salak menjadi produk unggulan dan dapat dinikmati konsumen secara luas. Tahapan awal pada penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mengklasifikasi faktor internal dan eksternal yang akan digunakan sebagai acuan analisis SWOT. Hasil penelitian berupa alternatif strategi pemasaran yang dibentuk menjadi Strategi S-O,S-T, W-O, W-T yang lebih baik untuk mendukung produk caramel salak menjadi produk unggulan.

Salak pondoh is a tropical plant that is widely available in northern DIY, or rather at the slopes of Mount Merapi, Turi, Cangkringan, Sleman. Salak pondoh is a plant that bears fruit throughout the season and resistants to pests and diseases. The superior characteristics of salak pondoh has made a lot of people interested in planting it, which is resulting in more abundant production of salak pondoh coming from the area of Turi, plus many salak generated from other areas such as Banjarnegara, Magelang and Karanganyar result in market prices that are unstable and tend to decrease when harvest. Along with the times and the development of post-harvest technology, now there are more dishes made from salak pondoh like salak pondoh chips, salak pondoh bakpia, and caramel salak produced by the residents around Turi, especially in Kembangarum village. Caramel salak is one of the dishes that has good potential to be developed because of the ease of production and has a high economic value. Cristal Salak that was founded by Women Farmers Group named Sri Rejeki that comes from the Kembangarum village produces Caramel Salak limited to market in Turi and tourists who travel around Turi. In this research, the analysis of Strengh, Weakness, Oppurtinity, Threat (SWOT) is used to formulate the appropriate strategies in marketing Caramel Salak into a superior product and can be enjoyed by consumers in large scale. Early stages of this research is to identify and classify the internal and external factors that will be used as a reference of SWOT analysis. The results of the study is the form of alternative marketing strategies that are formed into better SO, ST, WO, WT strategy to support Caramel Salak products to become superior products.

Kata Kunci : Salak Pondoh, Caramel Salak, UKM Cristal, Pemasaran, SWOT


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.