PROSES PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN UNTUK SISWA SMP BHINNEKA TUNGGAL IKA YOGYAKARTA
KARTINI ARNAWATI TELAUMBANUA, Panca Nugraha, B.Art., MTCSOL.
2014 | Tugas Akhir | D3 BAHASA MANDARINTugas akhir ini yang berjudul “Proses Pembelajaran Bahasa Mandarin untuk Siswa SMP Bhinneka Tunggal Ika Yogyakarta†bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran bahasa Mandarin untuk siswa SMP Bhinneka Tunggal Ika Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah observasi, wawancara, kuisioner dan studi pustaka. Dimasukkannya pelajaran bahasa Mandarin kedalam kurikulum SMP Bhinneka Tunggal Ika Yogyakarta bertujuan untuk membekali para siswa dan meningkatkan kemampuan berbahasa Mandarin. Proses pembelajaran bahasa Mandarin di SMP Bhinneka Tunggal Ika Yogyakarta terlaksana dengan baik. Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah metode ceramah, metode hafalan kosakata, metode tanya jawab, metode permainan dan metode mengulang. Selain itu, ada pula beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat serta cara mengatasi kendala dalam proses pembelajaran bahasa Mandarin untuk siswa SMP Bhinneka Tunggal Ika Yogyakarta.
This graduating paper entitled “The process of teaching Mandarin for Students in Bhinneka Tunggal Ika Junior High School,Yogyakarta which is aimed to know how the process of teaching Mandarin in Bhinneka Tunggal Ika Junior High School.To collect data and information, the writer uses there methods that include observation, interview, questioner, and library study. Mandarin lesson in Bhinneka Tunggal Ika Junior High School is aimed to prepare the students and increase the ability in Mandarin. The process of teaching Mandarin in Bhinneka Tunggal Ika Junior High School is carried out well. The methods that Bhinneka Tunggal Ika used in teaching Mandarin; speech, memorize the vocabulary, quiz, games and review method. In addition, there are several supporting and cumberer factor, and the way to solve the problem into the process of teaching Mandarin in Bhinneka Tunggal Ika Junior High School.
Kata Kunci : Proses Pembelajaran, Bahasa Mandarin, SMP Bhinneka Tunggal Ika Yogyakarta, metode pengajaran