EVALUASI PENENTUAN KOS PRODUK DENGAN METODE JOB COSTING PADA PERUSAHAAN MAHKOTA MULYO MANDIRI SKRIPSI
LUCY MARTHIA, Arief Surya Irawan, S.E., M.Com.
2014 | Skripsi | AKUNTANSIMahkota Mulyo Mandiri adalah perusahaan manufaktur berskala menengah yang memproduksi furniture baik untuk konsumsi dalam negeri maupun ekspor ke luar negeri. Perusahaan ini terletak di kawasan industri Jepara, Indonesia. Hampir semua barang yang diproduksi dibuat berdasarkan pesanan dari pembeli. Sebagai perusahaan berskala menengah, Mahkota Mulyo Mandiri merasa kesulitan dengan metode yang digunakan dalam menentukan kos produk yang akurat untuk setiap produk. Ketidakakuratan tersebut disebabkan oleh ketidaktepatan aliran kos dan klasifikasi kos manufaktur. Ketidaktepatan penentuan kos produk membuat harga produk menjadi terdistorsi dan upaya memaksimalisasi profit menjadi terganggu. Penelitian ini bertujuan menentukan kos produk yang akurat. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti mengajukan penggunaan metode job-costing untuk mempermudah penghitungan kos produk. Metode tersebut dapat membantu menelusuri kos langsung dan mengalokasikan kos tidak langsung secara tepat. Penelusuran dan pengalokasian kos dilakukan berdasarkan 7 langkah dalam jobcosting. Analisis dimulai dengan memperbaiki aliran kos dan klasifikasi kos manufaktur. Empat belas sampel produk telah dipilih sebagai objek dalam pembuktian keakuratan metode job-costing dibandingkan dengan metode tradisional. Analisis matematis menunjukkan bahwa penerapan metode jobcosting membuat kos produk suatu barang menjadi lebih tinggi. Hal tersebut terjadi karena adanya alokasi kos tidak langsung ke dalam kos produk. Meskipun metode job-costing membuat kos produk menjadi lebih tinggi, metode tersebut akurat diterapkan untuk perusahaan dengan produk yang khusus karena ketepatannya mengidentifikasi kos produk secara spesifik sesuai pesanan. Pada kasus ini, metode job-costing dapat diterapkan dengan sempurna dan bernilai guna bagi penentuan kos produk. Metode job-costing membantu pemilik menentukan harga jual yang akurat, dan mengatur serta mengontrol kos produksi yang digunakan. Harga jual yang akurat diperlukan perusahaan karena tidak adanya harga pasar untuk barang pesanan yang diproduksi. Untuk menghitung harga jual, perusahaan dapat menggunakan metode cost-plus pricing yang sangat sederhana dan membantu pencapaian profit yang diinginkan.
Mahkota Mulyo Mandiri is a medium manufacturing company, specialized in furniture production for Indonesian consumption as well as for worldwide exports. It is located in industrial district of Jepara, Indonesia. Most of its products are tailor-made. As a medium enterprise, Mahkota Mulyo Mandiri found it difficult to accurately assess the product cost of each product with its traditional method. The company also has an inappropriate cost flow and manufacturing costs classification. The inappropriate product cost will lead to inappropriate selling price and hinder the profit maximization. The case-study research aims at determining product cost accurately. To achieve the objective, the researcher proposes implementing job-costing method to simplify the methodology for calculating product cost accordance with the objective. This method will help to trace the direct cost and allocate the indirect cost appropriately based on the 7 steps in job-costing. The case study begins with cost flow and manufacturing cost classification correction. Fourteen samples were chosen to find out the accuracy of job-costing method compared with traditional method. The mathematical analysis result shows that the job-costing method provides higher product cost than the traditional method does because of the inclusion of the overhead cost. Even though job-costing method causes a higher product cost, it is more accurate and reliable to be applied for the company with distinctive products. The research result reveals that the job-costing method has full applicability in this case, and in conclusion, it has a real value in product cost determination. The method helps the owner to define an accurate selling price, to manage the production costs, and to control the costs as well. Since Mahkota Mulyo Mandiri’s products are customized, there are no market prices for its products. To calculate the selling price, Mahkota Mulyo Mandiri might apply cost-plus pricing method that is really simple and helpful for the company to define the expected profit more easily.
Kata Kunci : job-costing, kos produk, UKM, furniture, perusahaan manufaktur, aliran kos, klasifikasi kos manufaktur, cost-plus pricing