Pengetahuan penggunaan obat rasional mahasiswa tingkat sarajana dan profesi di Fakultas Kedokteran Unissula Semarang
DANUWINATA, Johannes Kristinus, dr. Sulanto Saleh Danu, DSFK
2001 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan MasyarakatPengetahuan penggunaan obat rasional pada mahasiswa fakultas kedokteran sangat perlu sebagai dasar di kemudian hari setelah menjadi dokter. Penelitian ini bertuj uan untuk mengetahui tingkat pengetahuan penggunaan obat rasional pada mahasiswa tingkat sarjana dan profesi di fakultas kedokteran Unissula Semarang. Selain itu juga untuk mengetahui faktor yang dapat mempengaruhi proses pengajaran kepada mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional dengan menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Subjek penelitian adalah 41 mahasiswa fakultas kedokteran tingkat sarjana, menggunakan teknlk simpke runhm sumpiing dan 45 mahasiswa tingkat profesi menggunakan total sampling, dengan memenuhi kriteria indeks prestasi 2 - 4 peserta fmakologi terapi I1 atau mengikuti kepaniteraan farmasi. Alat penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pedoman penilaian acuan patokan skala lima untuk menentukan rentang skor. Uji statist& student t test mtuk menentukan perbedaan antara dua kelompok mahasiswa. Hasil penelitian menunj &an perbedaan bermakna pengetahuan penggunaan obat rasional antara mahasiswa tingkat sarjana dan profesi. Tanpa dilakukan intervensi khusus, nilai pengetahuan mahasiswa tingkat profesi lebih balk dari pada mahasiswa tingkat sqana. Tingkat pengetahuan dapat leblh ditingkatkan dengan sistim dan metode pengajaran yang lebih baik.
Knowledge of rational drug use is very important as basic knowledge for medical student. The objective of this research are to know level of knowledge rational drug use in undergraduate and clerkship medical student in Unissula Medical Faculty - Semarang, and to identie some factors which probably can interfere the transfer process of knowledge in medical students. This research was observational with cross sectional design. The subject of ~s research were 41 undergraduate medical students who enrolled on therapeutic pharmacology 11, and 45 clerkship students who were in pharmacy stage with GPA (Grade Point Average) 2-4. Simple random sampling was used to select undergraduate medical student, and total sampling was used for clerkship student. Closed, semi closed, and open ended questionnaires were used for collecting data. Analysis with criterion referenced evaluation and t test were used to know the difference of level between undergraduate and clerkship medical student. The result showed a difference level of knowledge on rational drug use between undergraduate and clerkship medical students. Without any mtervention, such as intensive course, the level of knowledge of clerkship medical student was better than undergraduate medical student. Improvement on knowledge can be done with better system and teaching method.
Kata Kunci : Obat, Penggunaan, Mahasiswa