Laporkan Masalah

Metode Pengajaran Bahasa Korea di Korea Telecom (KT) Gongsin E- Learning Center Yogyakarta

NINDITA ENGGAR WIDHY KARTIKA, Supriadianto, S.S, M.A.

2014 | Tugas Akhir | D3 BAHASA KOREA

Tugas Akhir yang berjudul “Metode Pengajaran Bahasa Korea di KT (Korea Telecom) Gongsin E-Learning Center Yogyakarta” ini merupakan laporan penelitian yang dilakukan sejak bulan Agustus 2013 hingga Mei 2014 di KT Gongsin ELearning Center. Tugas Akhir ini menjelaskan mengenai metode pengajaran dan proses belajar mengajar bahasa Korea. Melalui penelitian yang dilakukan, pustaka dan data-data terkait yang diperoleh, diketahui bahwa KT Gongsin E-Learning Center menggunakan 4 metode pengajaran, seperti metode pembelajaran terpadu, metode pembelajaran ceramah, metode pemberian tugas, dan metode latihan keterampilan. KT Gongsin E-Learning Center menggunakan 4 metode tersebut dengan tujuan untuk membuat proses belajar mengajar lebih menyenangkan dan efektif. Pembelajaran yang diberikan KT Gongsin E-Learning Center kepada siswa berupa pelajaran tata bahasa, berbicara, mendengar, membaca, menulis. Beberapa hal yang didapat siswa dalam mempelajari beberapa mata pelajaran, seperti tata bahasa, mendengar, berbicara, membaca, dan menulis adalah siswa dapat mengerti, memahami, dan mengaplikasikan ilmu yang telah diajarkan. Dengan metode-metode yang digunakan mentor dalam mengajar bahasa Korea, siswa dapat mengingat pelajaran yang telah diberikan dengan lebih mudah. Hasil yang diperoleh penulis adalah penulis dapat mengaplikasikan beberapa metode pengajaran bahasa Korea yang digunakan di KT Gongsin E-Learning Center. Penulis juga dapat membagi ilmu mengenai metode pengajaran kepada para mentor yang mengajar di KT Gongsin E-Learning Center.

This final graduating paper entitled “Korean Language Teaching Method in KT Gongsin E-Learning Center Yogyakarta” was a research report since 2013 of Agust until 2014 of May in KT Gongsin E-Learning Center. This final paper explained the Korean Language teaching methods and teaching and learning process. Through the research report, libraries, and related data, it was known that KT Gongsin E-Learning Center use 4 teaching methods, for example integrated learning method, lecturing method, task-based language teaching method, and competency based training method. The goal of those methods is to make learning process more fun and effective. Learnings that KT Gongsin E-Learning Center gave to students are grammar, speaking, listening, reading, and writing. There were some benefits which the students get from studying grammar, listening, speaking, reading and writing namely students swere able to understand, comprehend, and apply the knowledge. It was expected that the students were able to absorb and comprehend the lessons easily and quickly through the teachers’ teaching methods which were applied in the classrooms. The researcher got two results according to the research. First, the researcher could apply the teaching methods which were employed by Korean Gongsin ELearning Center teachers to teach Korean. Besides, the researcher could share her knowledge about teaching methods to the teachers in KT Gongsin E-Learning Center.

Kata Kunci : Gongsin, Metode pengajaran, Bahasa Korea.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.