STRATEGI ROOM ATTENDANT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TAMU DI HYATT REGENCY YOGYAKARTA
VINSENSIUS TRIYAN AMSIT HULU, Pitaya, S.E.T., M.Sc.
2014 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAANDalam penulisan Tugas Akhir yang berjudul Strategi Room Attedant dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Terhadap Tamu di Hyatt Regency Yogyakarta ini bertujuan untuk mengetahui strategi room attendant dalam proses menyelesaikan pekerjaannya agar bisa selesai tepat waktu dan mendapatkan hasil yang optimal. Selain itu, untuk mengetahui strategi divisi laundry dalam menyediakan linen dengan tepat waktu kepada room attendant untuk mendukung proses pembersihan kamar tamu. Untuk mendapatkan hasil penelitian, penulis langsung melakukan Praktik Kerja Lapangan di lokasi penelitian yaitu di Hotel Hyatt Regency Yogyakarta. Kemudian penulis melakukan wawancara kepada beberapa staff housekeeping department termasuk supervisor dan housekeeping manager yang masih terkait dengan tujuan penelitian penulis. Selanjutnya penulis mengambil dokumentasi berupa foto di lokasi penelitian. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah untuk membersihkan sebuah kamar tamu sangatlah diperlukan langkah-langkah dengan urutan yang benar agar hasil pekerjaan dapat selesai dengan baik dan bisa menghemat waktu. Selain itu juga dibutuhkan ketelitian dari laundry attendant dalam memilah-milah linen kotor agar linen yang terkena noda atau spot dapat diketahui dan segera dibersihkan. Sehingga hal tersebut tidak menambah waktu kerja room attendant untuk mengganti linen di kamar tamu.
In the final project, entitled The Strategy of Room Attendant in Improving of Service Quality to Guests at Hyatt Regency Yogyakarta aims to find out the strategy of room attendant in the process of completing the work to be completed on time and to get optimal results. In addition, to find out the strategy of laundry division providing linnen in a timely manner for the room attendant to support the process of cleaning guest rooms. To obtain the results of this research, the author go into the field to do work practices directly at Hyatt Regency Yogyakarta Hotel. Then the authors make an interview to some housekeeping department staff, including supervisors and housekeeping manager that was related to the author‟s purpose in this research. The author also took some photo documentation at the research site. The results of the research that has been done is to clean a guest room are necessary steps in the correct order so that the work can be completed properly and can save time. It also requires great care of the laundry attendant sorting out the dirty linnen that linnen stains or spots can be identified and cleaned up immediately. So that it does not increase the working time to replace the linnen room attendant in the guest rooms.
Kata Kunci : -