Laporkan Masalah

STRATEGI PROMOSI PAKET WISATA YOGYAKARTA CITY TOUR DI BIRO PERJALANAN WISATA KARIKA TOUR YOGYAKARTA

INTANIA MAYANG RATRI, Widyarini Wirjono, S.E.,M.M

2014 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAAN

Yogyakarta City Tour merupakan alternatif paket wisata yang diminati, karena kota Yogyakarta menjadi pilihan tepat sebagai daerah tujuan wisatawan. Semakin banyaknya wisatawan yang memilih paket wisata Yogyakarta City Tour, semakin banyak pula inovasi dan pilihan destinasi yang ditawarkan. Tugas Akhir ini berjudul “Strategi Promosi Paket Wisata Yogyakarta City Tour di Biro Perjalanan Wisata Karika Tour Yogyakarta” yang menggunakan metode analisis deskriptif dengan tujuan mengetahui bagaimana strategi Karika Tour dalam mempromosikan Paket Wisata Yogyakarta City Tour yang banyak diminati oleh pelanggan sehingga nantinya dapat menambah wawasan, lebih mendorong minat pelanggan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Yogyakarta yang memilih paket wisata Yogyakarta City Tour. Berdasarkan hasil observasi, maka langkah strategis pengelola Karika Tour dalam mempromosikan Paket Wisata Yogyakarta City Tour adalah dengan mengemas beragam paket wisata secara unik dan menarik guna meningkatnya jumlah pelanggan. Selain itu, pengelola Karika Tour menggunakan public relations sebagai alat promosinya, melakukan personal selling kepada setiap pelanggan dan membuat berbagai bentuk media sosial agar pelanggan lebih mudah mendapatkan informasi. Karika Tour juga selalu mengadakan evaluasi akhir terhadap kegiatan pemasaran dan menetapkan pasar sasarannya. Dengan demikian, pengelola Karika Tour harus selalu mengembangkan paket wisata Yogyakarta City Tour dan perlu membuat ide baru untuk menciptakan paket wisata alternatif yang belum pernah ada sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk memicu meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan secara besar dan untuk menghadapi persaingan antar biro perjalanan wisata yang semakin ketat di Yogyakarta dan sekitarnya di masa mendatang.

Yogyakarta City Tour is an alternative tour package that interested because Yogyakarta City become the best choice as tourism destination, the more tourists who choose the tour package of Yogyakarta City Tour, the more innovation and choices of destination are offered. This Final Assignment entitled “Strategi Promosi Paket Wisata Yogyakarta City Tour di Biro Perjalanan Wisata Karika Tour Yogyakarta” is using a descriptive analyze method that has a purpose to know how the strategy of Karika Tour in promoting the tour package of Yogyakarta City Tour that is interesting by many customers, so it will eventually enrich perceptions, push more interest of customers and increase the tourist visit to Yogyakarta that choose the tour package of Yogyakarta City Tour. The observation result shows that the strategic step of Karika Tour management in promoting the tour package of Yogyakarta City Tour is by way of putting a various number of tour packages uniquely and attractively in order to increase the number of customers. Besides, Karika Tour management also uses the public relation as the promotion equipment, carries out personal selling to every customer and joints many kinds of social media in order to make the customers can get information more easily. Karika Tour always has a final evaluation of the marketing activity and decided the subject market. Thus, Karika Tour management has to develop this tour package of Yogyakarta City Tour and needs to make new ideas to create an alternative tour package that never been before. The aim is to trigger or increase the number of tourist visits greatly and to face the competition among tour and travel bureaus that become more and more strict at Yogyakarta and surroundings in the future.

Kata Kunci : promosi, paket wisata, City Tour.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.