Laporkan Masalah

AKSEPTASI ELECTRONIC TICKETING: STUDI PADA PT. KERETA API INDONESIA (Persero)

DEGA TRIANGGORO, Sumiyana

2014 | Skripsi | AKUNTANSI

Transportasi Perkeretaapian perlu mengembangkan fasilitas electronic ticketing (eticketing) menggunakan world wide web (www) mengingat semakin tingginya penggunaan Internet. Penelitian ini menganalisis akseptasi fasilitas e-ticketing pada objek penelitian yaitu konsumen PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dengan tujuan menemukan bukti empiris mengenai adanya pengaruh Trust (TRU), Intention to Transact (INT), Perceived Usefulness (PU), Perceived Ease of Use (PEU), Perceived Enjoyment (PE), Information on E-Ticketing (INE), Security and Privacy (SP), dan Quality of Internet Connection (QIC) terhadap akseptasi konsumen PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini menggunakan data primer dengan memberikan kuesioner kepada 270 penumpang Kereta Api yang telah mengunakan sistem tiket elektronik. Analisis data dilakukan dengan Structural Equation Model (SEM) menggunakan AMOS 19. Studi ini menunjukkan bahwa kemudahan tidak berpengaruh signifikan terhadap niat bertransaksi dan akseptasi fasilitas tiket elektonik karena kondisi geografis Yogyakarta yang relatif kecil sehingga konsumen lebih memilih untuk membeli tiket secara langsung. Selain itu kualitas koneksi internet juga tidak berpengaruh signifikan terhadap keberterimaan atas sistem elektronik karena konsumen belum terbiasa menggunakan media online, sehingga kualitas internet yang baik masih belum bias menarik konsumen untuk digunakan akseptasi tiket elektronik.

The needs to develop the electronic ticketing (e-ticketing) using the world wide web (www) is important given the increasing use of the Internet. This study analyzes the acceptance of e-ticketing facility, with PT. Kereta Api Indonesia (Persero) railways customers as research objects in order to find empirical evidence about the influence of Trust (TRU), Intention to Transact (INT), Perceived Usefulness (PU), Perceived Ease of Use (PEU) , Perceived Enjoyment (PE), Information on E-Ticketing (INE), Security and Privacy (SP), and the Quality of Internet Connection (QIC) on Kereta Api Railways consumer acceptance using the Technology Acceptance Model (TAM). This study uses primary data by giving questionnaires to 270 passengers Kereta Api, which has been using the electronic ticket system. Data were analyzed by Structural Equation Model (SEM) using AMOS 19. This study shows that ease of use does not influence significantly to intention to Transact and e-ticketing facility acceptance due to the geographical condition of Yogyakarta is relatively small so that customers prefer to buy the ticket directly. Besides that the quality of internet connection also does not influence significantly to electronic system acceptance because customers not yet accustomed to using online media, so that good internet connection is still unable to attract customers for using e-ticketing services.

Kata Kunci : Technology Acceptance Model (TAM), kegunaan, kemudahan penggunaan, kepercayaan, perilaku transaksi, niat konsumen untuk bertransaksi.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.