Kinerja pelayanan kesehatan haji di Kabupaten Gowa
GAFFAR, Herry Darsim, dr. Tjahjono Kuntjoro, MPH.,Dr.PH
2001 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan MasyarakatBanyaknya kunj ungan kasus penyakit pada Jamaah Haji Kabupaten Gowa adalah suatu indi kasi adanya permasakhan dalam pelayanan kesehatan haji. Faktdrealita tersebut sebagai suatu kesenjangan yang mempri hatinkan untuk diteliti, mengingat selama ini belum pernah dilakukan penelitian mengenai kineja pelayanan kcsehatan haji di Kabupaten Gowa, yakni dalam rangka upaya menurunkan angka kesahtan dan angka kematian Jamaah Haj i. Penelitian rermaksud bertujuan untuk memperoleh gambaradmengetahui tentang kinerja Tim Pemeriksa Kesehatan Calon Haji Kabupaten Gowa, khususnya ltinjau dari: aspek struktur, aspek proses, dan aspek informasi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 9 Januari hingga 7 Pebruari 2001 dan berlokasi di Sungguminasa, yang berbentuk studi kasus evaluatif dengan menggunakan metode kualitatif. Kegiatan-kegiatan penelitiannya berupa pengumpulan data primer dan data sekunder atas isu sentral dari komponen kinerja dan elemen kinerja pelayanan kesehatan haji di Kabupaten Gowa, melalui wawancara dan observasi terhadap unsur informan: Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gswa, Petugas Kesehatan/Tim Pemeriksa Kesehatan Calon Haj i Kabupaten Gowa (9 orang), dan Calon HaJi Kabupaten Gowa (10 orang), serta diperkuat dengan observasi atas dokumedartefak fisik. Adapun hasil penelitian yang diperoleh dari aspek struktur, yaitu: pengelolaan program kesehatan h ji dinilai belum menerapkan fungsi-fungsi manajerial yang sistematis (belum baik), kesiapan fasilitas tenaga dinilai belum memenulu kriteria Petugas Kesehatan dan kebutuhan program (belum baik), ketersediaan fasilitas sarana dinilai belum memenuhl kebutuhan program (belum baik), serta keterselaan fasilitas dadpembiayaan program pengelolaan dan penyelenggaraan pelayanan kesehatan haji dianggap cukup memadai dan tidak memberatkan beban biaya bagi Calon Haji (cukup baik). Kemudian dari aspek proses, yakni kedisiplinadkepatuhan terhadap prosedur non-medis dan prosedur medis lnilai relatif belum baik. Sedangkan dari aspek informasi, yaitu aktivitas sosialisasi dan aktivitas dokumentasi dinilai belum terlaksana secara baik atau kurang berjalan lancar disebabkan oleh adanya beberapa kegiatan pokok yang masih mengalami kendala teknidhambatan operasional (belum baik).
The number of visit for diseases among pilgrimage from Gowa regenoy is an indicator showing problems of health services. The fadthe reality shows a gap need to analyze, as there has no study on health service performance for pilgrims from Gowa, i.e. to decrease the rate of diseases and number of mortality among the pilgrims. This study was aimed at finding out the performance of health analysis team for pilgrims from Gowa regency, especially seen from the structural aspect, processing aspect, and information aspect. This study was held from January 9 to February 7, 2001 and was located in Sunguminasa, in the form of an explorative case study using qualitative method. The activities in this study included gathering primary and secondary data related with central issues of components of performance and other elements of performance of pilgrims’ health in Gowa, by way of interviews and observation of informations’ aspects: Head of Health District of Gowa regency, Health StafflHealth Check-up Team for Pilgrim’s Candidates in Gowa (9 persons), and Pilgrim Candidates in Gowa (10 persons), and supported by observation of docuinents/physical artifacts. The results from the strucurai aspects showed that the program management for pilgrims’ health has not applied systematic managerial liinctions, readiness of staff had not fulfilled the criteria of health staff and progain’s needs); availability of fundinghudget for program and health service for pilgrims was viewed as enough and did not burden the cost of pilgrim candidates. Based on the processing aspect, i.e. discipline/compliance with non-medical and medical procedures was not relatively good yet. The aspect of information, i.e. socialization activities and documentation, was graded as not good yet or did not run well as a result of the main activities that were still had technical or operational problems.
Kata Kunci : Manajemen Kesehatan Masyarakat, Kesehatan Haji, H ealth Check-up Team for Pilgrim’s Candidates for Gowa Regency, structural aspect, processing aspect, aspect of infonilation