EVALUASI SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS PADA BAGIAN PENDAFTARAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DI RSJD Dr. RM SOEDJARWADI PROVINSI JAWA TENGAH
ARDAN ARDIAN, Nur Rokhman S.Si.,M. Kom
2014 | Tugas Akhir | D3 REKAM MEDISLatar Belakang: RSJD Dr. RM Soedjarwadi Provinsi Jawa Tengah merupakan rumah sakit jiwa yang telah menerapkan teknologi informasi dalam meningkatkan mutu pelayanannya. Pada bulan November 2013, RSJD Dr. RM Soedjarwadi Provinsi Jawa Tengah mengalami pergantian Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) yang di dalamnya terdapat Sistem Infromasi Rekam Medis (SIRM) yang digunakan di unit rekam medis termasuk dalam pelayanan pendaftaran pasien. Permasalahan yang timbul akibat perubahan atau pergantian SIRM tentu dirasakan oleh petugas pendaftaran yang diantaranya adalah adanya data yang hilang saat edit data pasien dan juga fungsi SIRM yang belum memenuhi kebutuhan pengguna. Sejak pertama kali diubah sistemnya SIRM yang ada belum pernah dilakukan evaluasi. Oleh karena itu peneliti tertarik mengetahui penggunaan dan kepemahaman pengguna terkait dengan Evaluasi Sistem Informasi Rekam Medis (SIRM) yang baru di bagian pelayanan pendaftaran pasien yang digunakan untuk bahan pertimbangan kepada pihak pengembang. Tujuan: Mengetahui gambaran dan penggunaan SIRM yang baru di bagian pendaftaran rekam medis RSJD Dr. RM Soedjarwadi Provinsi Jawa Tengah, Mengetahui pemahaman pengguna yaitu petugas pendaftaran rawat jalan, rawat inap, dan IGD dalam menerima penerapan SIRM yang baru berdasarkan Technology Acceptance Model (TAM). Metode Penelitian: jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Rancangan penelitian adalah cross-sectional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Hasil: Sistem Informasi Rekam Medis di RSJD Dr. RM Soedjarwadi Provinsi Jawa Tengah dalam penggunaanya belum menggunakan account pribadi petugas yang berisikan username dan password khusus. Sistem Informasi Rekam Medis di RSJD Dr. RM Soedjarwadi Provinsi Jawa Tengah memberikan kemudahan karena sudah memenuhi indikator kemudahan yang diberikan oleh Davis (1989) yaitu kemudahan untuk dipelajari, kemudahan dalam menambah keterampilan, dan kemudahan dalam pengoperasian. SIRM di RSJD Dr. RM Soedjarwadi Provinsi Jawa Tengah belum dapat memberikan kemudahan dalam mengerjakan yang diinginkan pengguna karena masih ada kegiatan di bagian pendaftaran pasien yang belum bisa dilaksanakan seperti pencetakan tagihan dan peletakan menu yang belum sesuai dengan yang diharapkan. SIRM di RSJD Dr. RM Soedjarwadi Provinsi Jawa Tengah bermanfaat dalam pelayanan pendaftaran pasien karena sudah memenuhi dimensi kemanfaatan dari Chin dan Todd (1995), yaitu memudahkan pekerjaan, bermanfaat, menambah produktivitas, mempertinggi efektivitas, dan mengembangkan kinerja pekerjaan.
Background: Regional mental hospital Dr. RM Soedjarwadi Central Java Province is a psychiatric hospital that has implemented information technology to improve quality of service. In November 2013, Regional mental hospital Dr. RM Soedjarwadi Central Java Province experienced a change of Hospital Management Information System (SIMRS) in which there are Medical Record System (SIRM) are used in the medical records of patients included in the registration service. The problems that occur due to changes SIRM certainly felt by the admissions officer that include the presence of missing data when editing patient data and SIRM functions that do not satisfy the needs of users. Since the first time system changed, the new SIRM has not been evaluated. Therefore, researchers are interested in knowing the use and understanding of the user associated with the Evaluation of Medical Record Information System (SIRM) at patient registration services which are used for consideration to the developer. Objective: To identify the overview and use the new SIRM on the registration of the medical records of Regional mental hospital Dr. RSJD. RM Soedjarwadi Central Java Province, Knowing the user's understanding of admissions officers on outpatient, inpatient, and emergency department in the receiving the new SIRM application based on the Technology Acceptance Model (TAM). Methods: This type of research is a descriptive study using a qualitative approach. The study design was cross-sectional. Data collection techniques in this study is the observation and interview Results: Medical Record Information System (SIRM) in Regional mental hospital Dr. RM Soedjarwadi Central Java province its have not been using the personal account officer that contains the username and password. Medical Record Information System in Regional mental hospital Dr. RM Soedjarwadi Central Java to easily because it meets the indicator convenience provided by Davis (1989) to study the ease, convenience in increasing skills, and ease of operation. SIRM in RSJD Dr. RM Soedjarwadi Central Java province have not been able to easily do what users want because there are activities on the enrollment of patients who can not be implemented as printing bills and placement of a menu that has not been as expected. SIRM in Regional mental hospital Dr. RM Soedjarwadi Central Java province is usefull in service patient enrollment because it meets the dimensions benefit from Chin and Todd (1995), which facilitates the work, beneficial, increase productivity, enhance effectiveness, and develop job performance.
Kata Kunci : Evaluasi, Sistem Informasi Rekam Medis, Pendaftaran,TAM