PENGELOLAAN ARSIP INAKTIF KEUANGAN DI BADAN PEMERIKSA KEUANGAN PERWAKILAN PROVINSI D.I. YOGYAKARTA
DOMINICUS SATRIA Y, Faizatush Sholikhah, M.A.,
2014 | Tugas Akhir | D3 KEARSIPANPenulisan laporan Tugas akhir ini mengusung tema yang berjudul Pengolahan Arsip Inaktif Keuangan Di Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi D.I. Yogyakarta. Laporan tugas akhir ini dibuat setelah melaksanakan Praktik Kerja Lapangan. Penulisan laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengolahan arsip dinamis inaktif pada bagian keuangan yang dikelola di BPK Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta. Penanganan arsip Keuangan di BPK sendiri terdiri dari beberapa tahap, mulai dari pemilahan arsip, identifikasi arsip, penanganan hingga arsip tersebut dapat dimanfaatkan para pengguna arsip dan dapat berjalan efektif dan efisien dalam temu balik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penyusunan laporan tugas akhir ini adalah observasi yaitu dengan mengamati dan melakukan kegiatan secara langsung di BPK, selain itu melakukan wawancara dengan staff dan pegawai yang terlibat langsung dalam pengelolaan arsip Dinamis Keuangan di BPK, dan studi pustaka dengan menggunakan bahan refrensi untuk memperoleh data dan informasi dalam penulisan laporan. Kesimpulan utama secara keseluruhan penataan arsip di kantor BPK Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta ini sudah cukup baik, namun dalam pengolahannya masih belum berjalan optimal, karena keterbatasan SDM yang ahli dalam bidang kearsipan.
This final report carrying a theme entitled Archival Processing of Inactive Finance on the Badan Pemeriksa Keuangan in Special Provence Yogyakarta. This final report is made after finishing the Job Practice. Final project report writing aims to find out the processing operation system on the inactive records are maintained on the Badan Pemeriksa Keuangan in Special Provence Yogyakarta. Financial archives handling in the Supreme Audit Board itself consists of several stages, started from sorting the archive, an archive identification, the handling of the archive, so that the archive can be used up to the users and can be run effectively and efficiently in the appointment back. Data collection methods used in the preparation of this final report is the observation. Observing and doing activities directly in Badan Pemeriksa Keuangan in addition to conducting interviews with official directly involved in the management of dynamic financial archive at Supreme Audit Board, and literature references by using materials to obtain the data and information in report writing. The main conclusion of the overall arrangement of the Badan Pemeriksa Keuangan archives on Yogyakarta is already quite good, but still not running optimally on the processing, due to the limited human resources expert in the scope of archiving.
Kata Kunci : -