Laporkan Masalah

Motivasi Kunjungan Wisatawan Terhadap Agrowisata Merapi Farma Herbal Di Dusun Sidorejo, Hargobinangun, Pakem, Sleman, D.I. Yogyakarta

DANIEL RADITYA, Popi Irawan, S.S., M.Sc.

2014 | Skripsi | PARIWISATA

Motivasi berwisata dilatarbelakangi oleh banyak faktor baik dari dalam maupun luar diri wisatawan. Merapi Farma Herbal merupakan salah satu destinasi yang menyediakan wisata herbal di D.I. Yogyakarta. Keunikan herbal tersebut dapat menjadi salah satu nilai tambah dalam persaingan dalam dunia pariwisata saat ini. Dengan adanya pengetahuan yang lebih mendalam mengenai motivasi wisatawan terhadap Merapi Farma Herbal, diharapkan destinasi ini dapat berkembang lebih baik lagi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif berdasarkan data kuantitatif. Metode penelitian survei (survey) digunakan dalam penelitian ini. Data – data diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner, wawancara, dan observasi langsung di lokasi penelitian. Objek dalam penelitian ini adalah Merapi Farma Herbal. Sumber – sumber data terdiri dari data primer yang mencakup foto – foto dokumentasi dan data sekunder yang mencakup buku – buku dan internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kunjungan wisatawan terhadap Merapi Farma Herbal secara dominan didasari oleh keinginan untuk pemulihan dan pembaharuan jiwa diikuti dengan keinginan untuk bebas dari penyakit, dan memperoleh kebahagiaan dari berbagai kegiatan yang dapat dilakukan di Merapi Farma Herbal. Penelitian ini juga menemukan faktor pendorong wisatawan mengunjungi Merapi Farma Herbal adalah keinginan untuk sembuh dari penyakit, beristirahat dari rutinitas sehari – hari, dan pemulihan fisik, jiwa, maupun pikiran. Sementara faktor penarik wisatawan mengunjungi Merapi Farma Herbal adalah karena manfaat jamu godhog sebagai minuman tradisional yang menyehatkan, suasana lokasi yang menyegarkan, dan fasilitas toilet parkir yang memadai.

Motivation of touring based on many factors like from inside and outside of a tourists. Merapi Farma Herbal is one of tourist acttraction that provide herb tourism at D.I. Yogyakarta. Uniquesly side of herb can become one of plus point to compete around the world’s tourism competition right now. With all the deeper knowledge about tourst’s motivation visit Merapi Farma Herbal, hopefully this destination can evolve better. This study using a descriptive technic based on quantitative data. The method of survey used in this study. The datas obtained by distributing questionnaire, make an interview, and direct observation at the location. Object of this study is Merapi Farma Herbal. Sources of the datas are primary that come from doccumentation photos and secondary come from books and internet. The result of study showed that motivation of tourist’s visit to Merapi Farma Herbal dominantly based on the desire to refresh and renew soul, desire to get healthy which as free from any disease, and getting happiness from any activities at Merapi Farma Herbal. This study found any booster point that the tourist visit Merapi Farma Herbal were because have desire to cured from any disesase, rest from any daily activities, and recover whole physic, soul, and mind thing. In other hand, Puller point that the tourist visit Merapi Farma Herbal were because benefit of jamu godhog as healthy traditional drink, cool environment around the location, and adequate toilet and parking area.

Kata Kunci : Motivasi Wisata , Agrowisata Herbal, Merapi Farma Herbal.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.