Laporkan Masalah

Hubungan kemampuan perawat profesional dengan kualitas pelayanan asuhan keperawatan pasien rawat inap di RS Jantung Harapan Kita

MUIS, Abdul, dr. Sunartini, SpAK.,PhD

2001 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Sesuai dengan Undang-Undang no 8, Tangal 20 April 2000, tentang Perliidungan konsumen, dan tuntutan masyarakat, serta persaingan antara rumah sakit, sehingga RSJHK dituntut untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyaralcat. Dan salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan adalah kemampuan dari para perawat. Sedangkan permasalahnya adalah kemampuan perawat profesional yang ada di unit rawat inap RSJHJS masih belum sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Dan penelitian ini merupakan suatu studi tentang hubungan antara kemampuan perawat dengan kualitas pelayanan berdasarkan asuhan keperawatan dan persepsi pasien di unit rawat inap RSJHK Jakarta, untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kemampuan perawat dengan kualitas pelayanan yang berdasarkan asuhan keperawatan dan persepsi pasien, yang selanjutnya untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kemampuau perawat profesional terhadap kualitas pelayanan yang dinilai secara internal (asuhan keperawatm) maupun yang dinilai secara eksternal (persepsi pasien) pada unit rawat imp Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Non Eksperimen dan rancangan penelitian Survai dengan menggunakan pendekatan cross sectional, dengan menggunakan responden sebanyak 70 perawat dan 70 pasien unit rawat inap RS3HK Jakarta. Dan alat ukur yang digunakan addah kuesioner tertutup baik yang ditujukan kepada perawat maupufll kepada pasien lmit mwat inap RSJHK Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan, mulai dari bdan Mei Smpai bulduli 2001 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara Kemampuan Perawat Profesional dengan Kditas Pelayanan Asuhan Keperawatan pasien Unit Rawat Inap RSJHK Jakarta. Dan kemampuan perawat profesional tersebut memberikan sumbangan relatif sebesar 29,7 % terhadap kualitas Pelayanan yang berdawkan asuhan keperawatan pada level Sig.F. sebesar 0,000. Atau memberikan sumbangan relatif sebesar 1 1,7 % terhadap kualitas pelayanan berdasarkan persepsi pasien pada level Sig.F. sebesar 0,004 di uji dengan nilai ac sebesar 5% Saran yang dapat diberikan adalah perlunya usaha peningkatan kemampuan tenaga perawat unit rawat inap RSJHK Jakarta secara teru menerus melalui program pendidikan formal dan non formal, disamphg juga diperhatikan faktor lain yang mempengaruhi kualitas pelayanan a s h lceperawatan, sehingga tujuan daripada RSJHK Jakarta, khususnya Unit rawat inap untuk meningkatkan mutu kualitas pelayanannya kepada masyarakat lebih mudah dapat direalisasikan.

Based on the consumer safety constitution no. 8, dated on April 20, 2000 , society demand, and hospital competition, Jantung Harapan Kita Hospital was demanded to improve their service quality to society. One factor that influenced service quality was nurses capability. The problem that existed was capability of professional nurse in implemented nursing care was not adjusted to determined standard. The study aimed to examine the relation between nurse capability and service quality based on nursing care and patient perception of inpatient department of Jantung Harapan Kita Hospital Jakarta and how far nurse capability influenced service quality internally (nursing care) and externally (patient perception). The method of the study was non experiment and survei study which used cross sectional method. Data were collected fkom 70 respondents of nurses and 70 patients of inpatient department. It used closed questionnaire as the instrument. The study was obtained for two months during May to July 2001. The result of the study showed correlation between nurse capabiity and nursing care service quality of inwent department in Jaatung Harapan Kita Hospital, Jakarta. Nurse capability influenced service quality 29.7% based on nursing care on Sig.F.Change level 0.000 equal with 11.7% of service quality based on patient perception on Sig F. change level 0.004 level by oc value 5%. It was concluded that they need to increase nurse capability of inpatient department continuously by formal and non-formal education program. They also have to take attention toward other factors that influenced nursing care service quality so that the purpose of hospital, especially increasing service quality of inpatient department will be realized easily.

Kata Kunci : Manajemen Rumah Sakit,Perawat Profesional,Asuhan Keperawatan, nurse capability, service quality


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.