Laporkan Masalah

STRATEGI PEMASARAN TOUR PACKAGES DI BIRO PERJALANAN WISATA BARAMA INTERCITY TOUR & TRAVEL YOGYAKARTA

ANISA NANINDRA MAHASTRAJAYA, Arina Pramusita, SIP., M.Si.,

2014 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAAN

Barama Intercity Tour & Travel merupakan sebuah biro perjalanan wisata yang menyediakan berbagai paket wisata baik dalam maupun luar negeri. Paketpaket yang ditawarkan menarik dan harganya pun terjangkau. Saat ini, strategi pemasaran yang digunakan oleh Barama Intercity Tour & Travel yaitu, analisis pasar dan marketing mix usaha jasa. Tugas akhir ini berjudul “Strategi Pemasaran Paket Wisata di Barama Intercity Tour & Travel Yogyakarta”. Tugas akhir yang bersifat deskriptifkualitatif ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam memasarkan dan mempromosikan paket wisata yang ada di Barama Intercity Tour & Travel, untuk melakukan pemasaran yang lebih baik lagi dan agar menarik calon konsumen untuk membeli paket wisata Barama Intercity Tour & Travel. Berdasarkan pada hasil penelitian, maka langkah-langkah strategis yang diambil pengelola Barama Intercity Tour & Travel dalam memasarkan paket wisata yaitu harus memaksimalkan strategi marketing mix yang sudah ada, membuat paket wisata yang inovatif dan berbeda dari yang lain, mempromosikan paket wisata di berbagai media, baik cetak maupun elektronik. Serta yang paling terpenting adalah melakukan perekrutan staf marketing agar semua strategi pemasaran yang sudah ada dapat berjalan dengan efektif dan maksimal. Selain itu, Barama Intercity Tour & Travel bisa memperluas segmentasi pasar yang akan dijadikan sasaran pemasaran. Dengan demikian, pengelola Barama Intercity Tour & Travel dalam pemasaran dan promosi paket wisata perlu membuat terobosan baru untuk menciptakan paket wisata yang inovatif yang belum pernah ada sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan calon konsumen yang membeli produk paket wisata Barama Intercity Tour & Travel dan untuk menghadapi persaingan antar biro perjalanan wisata yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya.

Barama Intercity Tour & Travel is a travel agency that provides a variety of tour packages both domestic and foreign. The packages are offered attractive and the price is affordable. Currently, the marketing strategies used by Barama Intercity Tour & Travel is market analysis and marketing mix for business services. This final task titled is \\"Strategi Pemasaran Paket Wisata di Barama Intercity Tour & Travel Yogyakarta\\". The final task is descriptive-qualitative aims to determine the marketing strategies in marketing and promoting tour packages in Barama Intercity Tour & Travel, to make better marketing and to attract potential customers to purchase travel packages Barama Intercity Tour & Travel. Based on the research results, the strategic steps taken by the management Barama Intercity Tour & Travel in marketing travel packages that should maximize the marketing mix strategies that already exist, create innovative tour packages and different from the others, promote tour packages in various media, both print and electronic. And the most important is recruiting marketing staff so that all existing marketing strategy to be effective and maximum. In addition, Barama Intercity Tour & Travel can broaden the market segmentation that will be targeted marketing. Thus, managers Barama Intercity Tour & Travel in the marketing and promotion of travel packages need to make a new breakthrough for creating innovative tour packages like never before. It aims to increase the potential consumers who buy products travel packages Barama Intercity Tour & Travel and to face the competition among tour operators in Yogyakarta and surrounding areas.

Kata Kunci : Strategi, Marketing, Paket Wisata


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.