Laporkan Masalah

PENGEMBANGAN TAMAN PURBAKALA KERAJAAN SRIWIJAYA PALEMBANG BERBASIS TINGKAT KEPUASAN WISATAWAN

YESKI KELSEDERI, Drs. Sujali, M.S.

2014 | Skripsi | PEMBANGUNAN WILAYAH

Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya merupakan salah satu obyek wisata budaya di Kota Palembang yang dapat mendukung citra Kota Palembang sebagai Land of Sriwijaya sebagaimana tertulis dalam PP RI No. 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional Tahun 2010-2025. Namun, minimnya minat masyarakat untuk berwisata di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya menjadi permasalahan tersendiri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk a) mengidentifikasi kondisi Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya sebagai destinasi wisata Kota Palembang, b) mengetahui arah pengembangan obyek wisata Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya dengan berbasiskan pada tingkat kepuasan wisatawan, c) menganalisis kendala dan keunggulan dalam pengembangan Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya. Komponen obyek wisata yang dikaji dalam penelitian ini adalah atraksi, aksesibilitas, amenitas, promosi, dan sapta pesona. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif yang dikumpulkan melalui kuesioner adalah data yang menunjukkan tingkat kepuasan responden. Data kualitatif yang dikumpulkan melalui in depth interview kepada beberapa narasumber adalah data mendalam mengenai Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya dan pendapat beberapa responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yang dilengkapi dengan grafik, tabel, dan gambar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya memiliki dua atraksi yaitu Museum Sriwijaya dan taman. Kondisi jalan dan transportasi umum yang tidak dalam kondisi baik. Amenitas berupa outlet makanan-minuman dan outlet cinderamata. Promosi langsung berupa leaflet dan media sosial. Sapta pesona yang dipengaruhi oleh peran Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Wisata dan Budaya Kerajaan Sriwijaya sebagai pihak pengelola. Berdasarkan tingkat kepuasan responden terendah, prioritas pengembangan Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya sebaiknya diarahkan ke komponen aksesibilitas. Kendala yang dialami adalah kurangnya kerjasama dari berbagai pihak yaitu masyarakat, pemerintah, maupun investor. Keunggulan yang dimiliki oleh Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya adalah lokasi yang dekat dengan beberapa obyek wisata lainnya, pengelolaan yang lebih terawasi, dan struktur bangunan berupa kanal yang dapat menambah daya tarik Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya. Kata kunci : pengembangan, tingkat kepuasan, wisatawan

Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya is a cultural tourism object in Palembang which can support Palembang as Land of Sriwijaya that written in document PP RI No. 50 in 2011, which regulates about masterplan of national tourism development for 2010 until 2025. The citizen who has less interest to visit Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya become a problem. Because of those reasons, this research’s aims are to a) identify Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya condition as a tourist destination in Palembang, b) know the direction of Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya development based on tourists’satisfaction level, c) analyze the constraints and superiorities to develop Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya. This research focused on attraction, access, amenity, promotion, and sapta pesona as the components of tourist destination. This research using survey research method with quantitative and qualitative data. Quantitative data which collected by using questionnaire, reflect the respondents’ satisfaction level. Qualitative data, which collected using in depth interview, was in depth data about Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya and about some opinion of the respondents. Data analyst in this research is descriptive analyst which completed by graphs, tables, and pictures. The result of this research shown that Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya has two attractions which are Sriwijaya Museum and the park. The road and public transportation are not in good conditions. The amenities are food outlet and souvenir outlet. The promotions are through leaflet and social media. Sapta Pesona which effected by Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Wisata dan Budaya Kerajaan Sriwijaya as the part of government who manage Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya. the development priority of Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya would be better focus on access because this component has the lowest tourists’satisfaction level. The constraint in Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya is lack of cooperation between steakholders (citizen, government, and investor). Superiorities that Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya has are location where nearby some other destinations, more controlled management, and building structure like canal which can increase attractiveness of Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya. Key words: development, satisfaction level, tourist

Kata Kunci : pengembangan, tingkat kepuasan, wisatawan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.