PENGGUNAAN TELEMARKETING DALAM PEMASARAN PRODUK HOTEL MELIA PUROSANI YOGYAKARTA
FAMATERE GEA, Pitaya, SET., M.Sc.
2014 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAANPerkembangan dunia perhotelan sekarang tidak terlepas dari strategi pemasaran yang digunakan manajemen hotel untuk memasarkan produk hotel tersebut. Salah satunya strategi yang dilaksanakan yaitu penggunaan telemarketing untuk proses pemasaran produk hotel tersebut. Demikian dengan Hotel Melia Purosani yang menggunakan telemarketing dalam pemasaran produk hotel. Dalam penggunaan telemarketing untuk memasaran produk hotel di Hotel Melia Purosani, perlu diterapkan dan disesuaikan dengan standard operasional penggunaan dalam pelaksanaan telemarketing yang terbagi dua yaitu inbound dan outbound telamarketing. Menentukan produk yang dipasarkan melalui telemarketing yaitu meeting package, kamar, event dan spa. Penggunaan telemarketing tentunya memiliki kendala-kendala yang akan dihadapi seorang telesales. Penulis melakukan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Treat) efektifitas telemarketing untuk mengatahui efektifitas telemarketing dalam pemasaran produk hotel. Setelah melaksanakan telemarketing dan pengamatan seacara langsung serta melakukan analisis terhadap penggunanan telemarketing dalam pemasaran produk Hotel Melia Purosani, bahwa penggunaan telemarketing sangat efektif dan efesian dalam pemasaran produk Hotel Melia Purosani.
The development of hotel in this era cannot be separated from marketing strategy which is used by hotel management to market the hotel’s product. One of the strategy that the hotel usually used is telemarketing in marketing the hotel’s product. One of the hotel that using telemarketing in market the hotel’s product is Melia Purosani Hotel. The employing of the telemarketing to market the hotel’s product in Melia Purosani is needed to be applied and agreed with the using operational standard in applying telemarketing which is divided in two parts; inbound and outbound telemarketing. Then, establish the product that will be marketed by telemarketing are meeting package, bedroom, event and spa. In using the telemarketing there are many challenges that will be faced by a telesales. The writer observes by analyze the effectiveness of SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, and Treat) in telemarketing in order to know the effectiveness of telemarketing in marketing the hotel’s product. After the writer performs the telemarketing and observed by analyze the using of telemarketing in marketing the product of Melia Purosani Hotel, it shows that the using of telemarketing is very effective and efficient in market the product of Melia Purosani Hotel.
Kata Kunci : -