Studi Penerapan Teknologi Bluetooth untuk Monitoring Sensor pada Kendaraan Roda Empat
LAFIONA GREZELDA, Eka Firmansyah, S.T., M.Eng., Ph.D.
2014 | Skripsi | TEKNIK ELEKTROPenelitian ini bertujuan untuk menguji aplikasi teknologi Bluetooth sebagai media komunikasi antara sensor-sensor pada kendaraan roda empat modern. Penerapan teknologi Bluetooth ini dapat mengurangi biaya produksi, mengurangi kompleksitas dan meningkatkan kehandalan sistem. Pengujian dilakukan dengan pengukuran RSSI (received signal strength indicator) yang terbukti dapat menentukan validitas penerimaan data secara akurat. Pengukuran RSSI dilakukan dengan menggunakan Bluetooth module HC-05 sebagai receiver dan Android smartphone sebagai transmitter. Pengukuran dilakukan dalam berbagai skenario posisi transmitter dan receiver Bluetooth. Posisi dipilih berdasarkan letak sensor yang umum pada mobil dan posisi-posisi pada bagian luar badan mobil untuk mengetahui jarak terjauh yang dapat dijangkau oleh Bluetooth. Hasil dari penelitian ini adalah terbukti bahwa teknologi Bluetooth dapat diimplementasikan pada kendaraan roda empat sebagai media komunikasi antar sensor dengan merujuk pada hasil rerata RSSI dari seluruh skenario pengukuran yang memenuhi standar Bluetooh HC-05. Meskipun rerata RSSI memenuhi standar Bluetooh HC-05 terdapat beberapa skenario yang mempunyai nilai probabilitas RSSI berada dibawah standar HC-05 yang cukup besar. Seluruh posisi yang memiliki probablitas RSSI dibawah standar Bluetooth HC-05 yang cukup besar berada pada bagian luar badan mobil, namun untuk seluruh skenario yang dipilih berdasarkan letak sensor yang umum pada kendaraan roda empat mempunyai probabilitas yang rendah dan aman untuk diimplemantasikan dengan Bluetooth.
This research discuss about the application of Bluetooth technology as a medium of communication between the sensors on the modern cars. The application of Bluetooth technology can reduce production costs, complexity and improve system reliability. This research is done by measuring the RSSI (received signal strength indicator. RSSI has been shown to determine the validity of the receipt of the data accurately. RSSI measurements performed using the HC-05 Bluetooth module as a receiver and Android smartphone as a transmitter. Measurements were performed in various scenarios Bluetooth transmitter and receiver positions. Position selected based on the location of the sensors that are common on conventional cars and the positions on the outside of the car body to determine the furthest distance that can be reached by Bluetooth. The results of this research is proven that Bluetooth technology can be implemented cars as a medium of communication between the sensor with reference to the average results of all scenarios RSSI measurements that meet the HC-05 Bluetooth standard. Although the average RSSI meet HC-05 Bluetooth standard, there are several scenarios that have probability RSSI value is below the standard HC-05 is quite large. The whole position has probablitas RSSI below HC-05 Bluetooth standard big enough to be on the outside of the car body, but to the whole scenario is chosen based on the location of the sensors that are common on conventional cars have a low probability and safe to be implemented by Bluetooth.
Kata Kunci : Bluetooth, RSSI, Bluetooth module HC-05