Laporkan Masalah

PENGUKURAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK SUSU PASTEURISASI DI PT. KEPURUN PAWANA INDONESIA

AGNES STELA DORI, Novita Erma Kristanti, S.TP, M.P

2014 | Tugas Akhir | D3 AGRO INDUSTRI

Sebagaimana kita ketahui Indonesia merupakan negara agraris yang terkenal dengan keindahan dan kaya akan sumber daya alam.Sumber daya alam dapat memberikan manfaat dan devisa yang menguntungkan apabila dikelola dengan baik serta didukung dengan kualitas sumber daya manusia yang memadai. Salah satu peran kekayaan alam pertanian berlimpah yang mampu memberikan manfaat bagi masyarakat adalah pengelolaan sumber daya alam sebagai obyek wisata dan penanganan perusahaan yang tanpa henti dari hulu ke hilir. Salah satu perusahaan yang bergerak dibidang Farm Industries3 dan Agro Tourism4 adalah PT Kepurun Pawana Indonesia yang sering disebut dengan PT KPI. Perusahaan tersebut memiliki sebuah produk yang digemari oleh para pengunjung Agrowisata namun masih memiliki aspek yang kurang terpenuhi berdasarkan perbandingan standar produk Susu Pasteurisasi dalam kemasan sehingga penulis tertarik untuk mengambil tema pengukuran kepuasan konsumen Agrowisata PT KPI berdasarkan metode Uji Scoring. Interval berjarak 0,8 diuji keakuratan dan kelayakannya sebagai pembanding dengan menggunakan Uji TTest sehingga dapat diketahui seberapa besar kepuasan konsumen terhadap produk Susu Pasteurisasi dan kesesuaian kualitas pelayanan yang diberikan oleh karyawan perusahaan dengan analisa menggunakan konsep ilmu pemasaran 7P. Dari hasil pengukuran kepuasan konsumen tersebut dapat diketahui bahwa produk Susu Pasteurisasi diminati oleh sebagian besar konsumen namun tetap membutuhkan evaluasi dalam hal desain kemasan, aspek promosi tempat dan pelayanan yang dilakukan oleh karyawan PT KPI itu sendiri. Sedangkan pada hasil nilai rata-rata pengujian Validitas semua butir bernilai > 0,361 dan pengujian Reliabilitas dapat diketahui bahwa nilai Cronbach’s Alpha adalah 0, 861, dan dari tiap butir pertanyaan yang dianalisa indikasi ketidakpuasan konsumen ada pada butir 1,3,7, dan 8 sehingga sangat diperlukan upaya perbaikan terkait kriteria dalam butir pernyataan tersebut agar perusahaan dapat memberikan produk Susu Pasteurisasi terbaik yang sesuai standar dan harapan konsumen.

As we know Indonesia is an agricultural country that is famous for its beauty and rich natural resources alam.Sumber can provide benefits and favorable foreign exchange if properly managed and supported by the quality of human resources are adequate. One of the roles of agriculture abundant natural resources that can provide benefits to the community is the management of natural resources as a tourist attraction and handling companies relentlessly from upstream to downstream. One company that is engaged in Farm Industries 3 and Agro Tourism 4 Indonesia is PT Kepurun Pawana often referred to as PT KPI. The company has a product that is favored by the visitors Agrowisata but still has aspects that are lacking by comparison Pasteurized milk product standards in the packaging so the authors are interested in the theme of measuring customer satisfaction KPI based PT Agro Test Scoring method. Interval is 0.8 tested the accuracy and appropriateness for comparison by using the T-Test test so as to know how much customer satisfaction with products Milk Pasteurization and conformance quality of services provided by employees of the company by using the concept of marketing science analysis 7P. From the measurement of customer satisfaction, it is known that the Pasteurized Milk products in demand by most consumers but still require evaluation in terms of packaging design, place and promotion aspects of the services performed by employees of PT KPI itself. While the average value of the results of testing validity of all items worth> 0.361 and reliability testing can be seen that the value of Cronbach's Alpha is 0, 861, and from each of the questions were analyzed no indication of consumer dissatisfaction in items 1,3,7, and 8 so that a much needed improvement efforts related to the criteria in the statement that the company can provide the product that best fits Milk Pasteurization standards and consumer expectations.

Kata Kunci : Kepuasan Konsumen, Agrowisata, Uji Scoring, 7P ¹ Mahasiswa Diploma III Agroindustri Universitas Gadjah Mada


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.