IDENTITAS ISLAMIS DALAM TEGANGAN DAN NEGOSIASI ANTARA DOGMA DAN MODERNITAS: RESEPSI KOMUNITAS SALAFI DI YOGYAKARTA TERHADAP FENOMENA GHIBAH INFOTAINMENT
Robby Habiba Abror, Prof. Dr. C. Soebakdi Soemanto, S.U.
2014 | Disertasi | S3 Kajian Budaya dan MediaKomunitas Salafi sebagai ritus praksis Islamisme sering diidentikkan dengan stigma terorisme, fundamentalisme, radikalisme, konservatisme, dan skripturalisme. Dengan latar belakang yang berbeda-beda, mereka menjalani hidup ini dengan mengikuti praktik kehidupan Salafus Salih yaitu tetap merujuk dan berpegang teguh pada manhaj Salaf. Dalam praktiknya, komunitas Salafi ini menyikapi berbagai tantangan modernitas dalam keserbagaraman perspektif. Hal ini disebabkan komitmen mereka terhadap dogmatisme agama yang ketat dan mengikat. Realitas tersebut menjadikan komunitas Salafi menjadi gerakan subkultur Islam yang menarik untuk diteliti. Pada praktiknya, dalam konteks resepsi mereka terhadap ghibah infotainment, terjadi kontestasi makna dan negosiasi terhadap dogma-dogma agama serta para mufti. Untuk itu, penelitian ini mengoperasikan konsep subkultur Hebdige, resepsi Stuart Hall, aktivisme Islamis Wiktorowicz, negosiasi Ting-Toomey, dan kontestasi Vancil. Adapun metode penelitiannya yaitu kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan paradigma kajian budaya (cultural studies) yang berfokus pada enam pondok pesantren Salafi di Yogyakarta (Pesantren Ihyaus Sunnah, Pesantren al-Anshar, Pesantren bin Baz, Pesantren Taruna al- Quran, Pesantren Hamalatul Quran, dan Pesantren Khoiro Ummah) serta jama’ah Masjid MPR. Sebagai pendekatan kualitatif, wawancara mendalam dengan 16 informan merupakan teknik pengumpulan data utama penelitian yag disertai dengan teknik pengamatan langsung dan dokumentasi sebagai upaya untuk mengklarifikasi data primer yang diperoleh. Data yang kemudian dianalisis, secara interpretif-kritis, melalui teknik analisis Miles, Hubermas dan Creswell yang meliputi tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Melalui pendekatan teoretis dan metodologis di atas, peneliti menemukan bahwa praktik subkultur Salafi menunjukkan adanya tegangan di antara dogma agama dan modernitas. Komunitas Salafi melakukan afirmasi gaya hidup dalam keteguhan kredo serta negosiasi makna dan identitas mereka dalam kontestasi visa- vis dogmatisme agama dan mufti serta komunitas Islam mainstream. Dengan bercadar, wanita Salafi telah melakukan bunuh diri sosial. Komunitas Salafi mengonsumsi teknologi dan meresepsi fenomena ghibah infotainment, tidak antimodernitas, menampilkan sikap estetis-religius sebagai penanda perlawanan simbolik-eksistensial. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa komunitas Salafi tidak selamanya ajeg dalam gerakan Islamisme yang monoton, tetapi mereka mempresentasikan bentuk eksistensi sebagai Salafi postmodern dengan pilihan dan kebebasan hidup serta genre dakwah barunya, selanjutnya mereka memposisikan diri dalam trend baru gaya Salafi dalam modernitas.
The Salafis, an Islamic praxis sect, are commonly presumed to be associated with terrorism, fundamentalism, radicalism, conservatism, and literalism. Although its followers originate from diverse backgrounds however they all share the common feature of adhering to the Salafus Salih, implying the commitment to refer to the Salaf manhaj in guiding their way of life. Nevertheless the challenges of modernity inevitably push Salafists to embrace a diversity of understanding with relation to their beliefs. This is because on the one hand, they are strongly loyal to their religious dogma and on the other, modernity purportedly constrains the application of religious dogma in the everyday lives of the Salafists. Such realities make the Salafists an Islamic subculture movement which becomes an interesting object of research. Interestingly in the context of the Salafists’ reception towards infotainment ghibah (gossip television programs), contested meanings and negotiations towards religious dogma as well as mufti rulings are evident. Therefore, the current study utilized Hebdige’s concept of subculture, Hall’s concept of reception, Wiktorowicz’s concept of Islamic activism, Ting- Toomey’s concept of negotiation and Vancil’s concept of contestation. A qualitative approach was selected, using the phenomenological-cultural studies paradigm. Six Salafist Islamic boarding schools in Yogyakarta (Ihyaus Sunnah, al-Anshar, bin Baz, Taruna al-Quran, Hamalatul Quran, and Khoiro Ummah) and also Salafist community in Masjid MPR were analyzed. The study collected data by interviewing 16 informants, in addition to conducting direct observation and documentation as a way to clarify and confirm the primary data. The data was then analyzed using an interpretative-critical method using Miles, Hubermas, and Creswell’s 3 phase technique of data reduction, presentation, and conclusion or verification. Based on a review of the theoretical literature as well as data from the field, the research found that the Salafists’ experienced tension between the requirements of strict adherence of dogma and the embracement of modernity. With veiled (purdah), Salafist woman has committed social suicide. The Salafist community affirms their life style by strictly following their creeds as well as negotiating the meaning of their identity in contestation vis-à -vis religious dogmatism and mufti rulings as well as the mainstream Islamic community. The study found that the Salafist community are consumers of technology and gossip television programs, are not anti modernity, and they display a religious aesthetic attitude as a symbol of symbolic-existential resistance. This study also found that Salafists are not always rigid with regard to the Islamic movement. Nevertheless, they represent the postmodern Salafists of which choice and liberty color the new preaching (dakwah) genre, and thus subsequently position themselves as the new Salafist trend in modernity.
Kata Kunci : Salafi, ghibah infotainment, ustadz/ustadzah selebriti, subkultur, negosiasi, kontestasi, dan Islamisme